PENGGUNAAN MEDIA DADU TIGA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PANTI PURUHITA SEMARANG


Nazla Umami Solekha , 1601415053 (2019) PENGGUNAAN MEDIA DADU TIGA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PANTI PURUHITA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN MEDIA DADU TIGA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PANTI PURUHITA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MEDIA DADU TIGA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PANTI PURUHITA SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Al-Quran merupakan pedoman hidup terbaik umat manusia, yang ditulis dalam bahasa Arab menggunakan huruf hijaiyah. Al-Quran mencakup banyak fungsi yang menjadi tuntunan bagi manusia dalam menjalani hidup. Karena pentingnya peranan Al-Quran dalam kehidupan manusia, perintah untuk mengajarkan Al-Quran sejak dini tertuang dalam firman-firman Allah SWT dan hadis. Pembelajaran AlQuran untuk anak usia dini dimulai dengan mengenalkan huruf-huruf hijaiyah sebagai huruf penyusun Al-Quran. Media dadu tiga dimensi dapat menjadi salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah untuk anak usia dini. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media dadu tiga dimensi dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia 4-5 tahun di TK Panti Puruhita Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia 4-5 tahun melalui penggunaan media dadu tiga dimensi di TK Panti Puruhita Semarang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK Panti Puruhita Semarang. Teknik pengambilan sampel meggunakan sampling purposive. Sampel yang digunakan adalah siswa usia 4-5 tahun di TK Panti Puruhita Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen untuk mengukur kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia 4-5 tahun. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan uji paired sample t-test menggunakan spss 21 for windows. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji paired sample t-test, diperoleh nilai Sig. < 0,05 (0,000 < 0,05), dan nilai thitung < ttabel (-14,135 < 1,697), sehingga hipotesis dapat diterima. Jumlah peningkatan yang terjadi pada kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia 4-5 tahun di TK Panti Puruhita sebesar 14,62% setelah diberi perlakuan berupa pembelajaran menggunakan media dadu tiga dimensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah, Media Dadu Tiga Dimensi, Anak Usia 4-5 Tahun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2020 19:48
Last Modified: 28 Mar 2020 19:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35387

Actions (login required)

View Item View Item