PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBENTUK PADA ANAK USIA DINI DI PAUD ROSELLANA


Sinta Rahayu Octaviani , 1601414119 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBENTUK PADA ANAK USIA DINI DI PAUD ROSELLANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBENTUK PADA ANAK USIA DINI DI PAUD ROSELLANA]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBENTUK PADA ANAK USIA DINI DI PAUD ROSELLANA) - Published Version
Download (754kB) | Preview

Abstract

Setiap anak mempunyai ketrampilan membentuk dalam dirinya, anak memerlukan rangsangan dengan cara memberikan kesempatan pada anak untuk menjadi kreatif. Oleh sebab itu ketrampilan membentuk sangatlah tepat untuk distimulus sejak usia dini. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan membentuk anak usia dini adalah dengan model pembeljaran kooperatif metode Numbered Head Together (NHT) diharapakan dapat membantu anak dalam mengembangkan ketrampilan membentuk. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan ketrampilan membentuk anak usia dini berdasarkan penerapan pembelajaran Numbered Head Together di Paud Rosellana. Penelitian ini merupakan jenis penelitan kuantitatif menggunakan metode pendekatan One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan skala ketrampilan membentuk pada anak usia dini, sedangkan analisis data menggunakan metode Paired Sample t-Test dan tenik presentase. Berdasarkan hasil perhitungan statisitik uji hipotesis diperoleh data uji t-test menggunakan Paired Sample t-Test pada program SPSS diperoleh t hitung >t tabel yaitu (8,447>2,045), nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000, sehingga Ha diterima dan HO ditolak. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwaterdapat perbedaan yang signifikan pada ketrampilan membentuk anak usia dini setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode Numbered Head Together

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode Numbered Head Together (NHT),Ketrampilan membentuk pada AnakUsia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2020 18:27
Last Modified: 28 Mar 2020 18:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35383

Actions (login required)

View Item View Item