PROGRAM PERLINDUNGAN HAK ANAK DI KAMPUNG RAMAH ANAK KELURAHAN KUNINGAN, KECAMATAN SEMARANG UTARA


Sartini Lestari , 1601414111 (2019) PROGRAM PERLINDUNGAN HAK ANAK DI KAMPUNG RAMAH ANAK KELURAHAN KUNINGAN, KECAMATAN SEMARANG UTARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROGRAM PERLINDUNGAN HAK ANAK DI KAMPUNG RAMAH ANAK KELURAHAN KUNINGAN, KECAMATAN SEMARANG UTARA]
Preview
PDF (PROGRAM PERLINDUNGAN HAK ANAK DI KAMPUNG RAMAH ANAK KELURAHAN KUNINGAN, KECAMATAN SEMARANG UTARA) - Published Version
Download (494kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1. Pelaksanaan program perlindungan hak anak di kampung ramah anak Kelurahan Kuningan, Kecamatan Semarang Utara, 2. Faktor pendukung dan penghambat dalam pemenuhan perlindungan terhadap hak anak. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subyek peneltian pengurus kampung ramah anak, ketua RT, dan masyarakat di RW IX Kelurahan Kuningan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Aktivitas dalam analisis ini dengan reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi sumber dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai narasumber dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan program perlindungan hak anak di kampung ramah anak kelurahan Kuningan terdiri dari 5 klaster diantaranya: hak sipil dan kebebasan; lingkungan keluarga dan alternatif; kesehatan dasar dan kesejahteraan; pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya; perlindungan khusus. Pelaksanaan program perlindungan hak anak dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mendukung dan menghambat terlaksananya program tersebut. 2. Faktor pendukung dalam pemenuhan perlindungan terhadap hak anak diantaranya: a. Adanya kerjasama antara warga dan pihak pengurus maupun lingkungan; b. Tersedianya sarana dan prasarana dalam mendukung kegiatan tersebut; c. Adanya kepedulian dari orangtua anak dalam memberikan bimbingan dan arahan; d. Adanya antusias antara pihak pengurus dengan masyarakat untuk melaksanakan berbagai kegiatan dalam menjaga kesehatannya; sedangkan faktor penghambat dalam pemenuhan perlindungan terhadap hak anak diantaranya: a. Kurangnya kepedulian orangtua dalam memberikan hak sipil anak; b. Kesibukan pengurus kampung ramah anak diluar lingkungan; c. Kurangnya keikutsertaan warga dalam kegiatan untuk menjaga kesehatan; d. Sarana dan prasarana yang tersedia kurang terawat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penyelenggaraan perlindungan, hak anak, kampung ramah anak.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2020 18:11
Last Modified: 28 Mar 2020 18:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35382

Actions (login required)

View Item View Item