HUBUNGAN BIAYA PROMOSI DENGAN JUMLAH PEMINAT PESERTA DIDIK BARU DI KB TK HJ ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG TAHUN 2017-2018


Nadia Eva Lazuardini , 1601414098 (2019) HUBUNGAN BIAYA PROMOSI DENGAN JUMLAH PEMINAT PESERTA DIDIK BARU DI KB TK HJ ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG TAHUN 2017-2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN BIAYA PROMOSI DENGAN JUMLAH PEMINAT PESERTA DIDIK BARU DI KB TK HJ ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG TAHUN 2017-2018]
Preview
PDF (HUBUNGAN BIAYA PROMOSI DENGAN JUMLAH PEMINAT PESERTA DIDIK BARU DI KB TK HJ ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG TAHUN 2017-2018) - Published Version
Download (821kB) | Preview

Abstract

Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini telah masuk dalam proses industrialisasi pendidikan, di mana setiap lembaga berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas mutu lembaga serta peserta didik baru. Persaingan antar lembaga menjadi marak terjadi di kota besar seperti Semarang. Banyak lembaga yang melaksanakan promosi seperti, memasang media promosi (banner, spanduk, baliho, dsb) guna mendapat daya tarik bagi masyarakat. Adanya promosi membuat lembaga menekan terlalu banyak untuk biaya promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan signifikan antara biaya promosi dengan jumlah peminat peserta didik baru dan seberapa besar hubungannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh orang tua/wali murid TK B tahun 2017-2018 di KB TK Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 30 orang tua/wali murid. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan data biaya promosi dan jumlah peserta didik baru tahun 2017-2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana dan uji t dengan taraf signifikansi α= 5% (0,05). Berdasarkan hasil uji hipotesis dalam penelitian ini, diperoleh nilai hitung korelasi adalah 0,916. Pada hasil korelasi data sekunder diperoleh hasil uji korelasi 0,99 dengan perhitungan analisis korelasi pearson product moment. Berdasarkan kedua data yang telah diuji, menjelaskan bahwa terjadi hubungan yang sangat kuat antara biaya promosi dengan jumlah peminat peserta didik baru karena berada di rentang 0,80-1,00. Berdasarkan hitungan analisis uji t, diperoleh untuk hitungan kuesioner thitung > ttabel (12,08 > 1,701 ) hal ini membuktikkan bahwa hipotesis diterima, yaitu terdapat hubungan signifikan antara biaya promosi dengan jumlah peminat peserta didik baru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya promosi berhubungan positif dan signifikan terhadap jumlah peminat peserta didik baru dengan hasil 91,6% dan 99%, yang artinya biaya promosi memberikan pengaruh dan sisanya sebesar 8,4% dan 1%, dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Biaya Promosi, Peminat Peserta Didik Baru.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2020 17:49
Last Modified: 28 Mar 2020 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35379

Actions (login required)

View Item View Item