PROGRAM PEMBELAJARAN PENANAMAN WAWASAN KEBANGSAAN PADA ANAK INDONESIA BERSTATUS PERMANENT RESIDENT DI TK LITTLE STARS SEKOLAH INDONESIA (SINGAPURA) LTD


Khoerul Izzati , 1601414071 (2019) PROGRAM PEMBELAJARAN PENANAMAN WAWASAN KEBANGSAAN PADA ANAK INDONESIA BERSTATUS PERMANENT RESIDENT DI TK LITTLE STARS SEKOLAH INDONESIA (SINGAPURA) LTD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROGRAM PEMBELAJARAN PENANAMAN WAWASAN KEBANGSAAN PADA ANAK INDONESIA BERSTATUS PERMANENT RESIDENT DI TK LITTLE STARS SEKOLAH INDONESIA (SINGAPURA) LTD]
Preview
PDF (PROGRAM PEMBELAJARAN PENANAMAN WAWASAN KEBANGSAAN PADA ANAK INDONESIA BERSTATUS PERMANENT RESIDENT DI TK LITTLE STARS SEKOLAH INDONESIA (SINGAPURA) LTD) - Published Version
Download (971kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk mengetahui program pembelajaran penanaman wawasan kebangsaan pada anak Indonesia yang berstatus permanent resindent (PR) di Little Stars Kindergarten, Sekolah Indonesia (Singapura) Ltd. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana bentuk perilaku peserta didik setelah mengikuti pembelajaran wawasan kebangsaan di Little Stars Kindergarten, Sekolah Indonesia (Singapura) Ltd. Banyaknya konflik yang muncul dan timbul di Indonesia seperti: hilangnya rasa kemanusiaan, mencintai dan mengormati NKRI, pengakuan suatu budaya oleh bangsa lain menimbulkan perpecahan antar daerah, negara dan juga bangsa. Oleh karena itu, menjadi penting untuk menanamkan pembelajaran wawasan kebangsaan kepada generasi penerus bangsa, khususnya sejak usia dini. Pendidikan anak usia dini merupakan bentuk pendidikan yang fundamental dalam kehidupan seorang anak. Pendidikan sangat menentukan masa depan dan kualitas bangsa. Berbagai nilai karakter perlu diterapkan pada anak, terutama karakter mencintai budaya bangsa dan negaranya, yang ditumbuhkan melalui pembelajaran penanaman wawasan kebangsaan. Agar anak mengetahui asal kelahirannya dan berbagai budaya bangsanya sendiri. Target penelitian ini adalah anak Indonesia yang berstatus permanent resident (PR), yang berusia 4-6 tahun di Little Stars Kindergarten, Sekolah Indonesia (Singapura) Ltd. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi (triangulasi). Permanent Resident adalah status legal yang diberikan oleh suatu negara sehingga memiliki kedudukan yang sama dengan warga negara. Hampir semua peserta didik di SIS Little Stars berstatus permanent resident karena menetap lama di Singapura, baik untuk bekerja, melanjutkan studi, atau karena kepentingan lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perseta didik yang berstatus permanent resident (PR) di Little Stars Kindergarten, Sekolah Indonesia (Singapura) Ltd, memiliki wawasan kebangsaan yang beragam. Wawasan kebangsaan yang dimiliki peserta didik antara lain: mengetahui kota atau negara asal saat dilahirkan, bahasa daerah, makanan khas, lagu kebangsaan Indonesia, beberapa lagu daerah, serta pengetahuan umum seputar kebudayaan Indonesia. Peserta didik tetap memiliki wawasan kebangsaan Indonesia, meskipun mereka sudah lama tinggal dan menetap di Negara Singapura. Hal tersebut merupakan output dari pembelajaran wawasan kebangsaan yang dilakukan oleh guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: program pembelajaran, wawasan kebangsaan, permanent resident
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2020 16:42
Last Modified: 28 Mar 2020 16:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35376

Actions (login required)

View Item View Item