HUBUNGAN PENGETAHUAN GURU PAUD TENTANG HAK ANAK ATAS PERLINDUNGAN DENGAN PENCEGAHAN KEKERASAN VERBAL DI TK ABA KECAMATAN TEMANGGUNG
Reni Sri Ulani, 1601414032 (2019) HUBUNGAN PENGETAHUAN GURU PAUD TENTANG HAK ANAK ATAS PERLINDUNGAN DENGAN PENCEGAHAN KEKERASAN VERBAL DI TK ABA KECAMATAN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN PENGETAHUAN GURU PAUD TENTANG HAK ANAK ATAS PERLINDUNGAN DENGAN PENCEGAHAN KEKERASAN VERBAL DI TK ABA KECAMATAN TEMANGGUNG)
- Published Version
Download (813kB) | Preview |
Abstract
Terjadinya kekerasan baik dalam bentuk hukuman maupun dalam bentuk verbal di dalam proses belajar mengajar sangat tidak dibenarkan misalnya seorang guru memarahi seorang siswa karena siswa tersebut tidak mau mematuhi dan mengikuti kegiatan serta aturan yang telah disepakati sebelumnya. UndangUndang Perlindungan anak nomor 35 tahun 2014 (pasal 1) menjelaskan bahwa anak memiliki hak, diantaranya hak untuk diperlakukan dan dilindungi agar dapat hidup, tumbuh dan berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengetahuan guru PAUD tentang hak anak untuk mendapat perlindungan, dan bagaimana hubungannya dengan pencegahan kekerasan verbal di TK ABA Kecamatan Temanggung, sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan guru PAUD hak anak untuk mendapat perlindungan dan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan guru PAUD tentang hak anak untuk mendapat perlindungan dengan pencegahan kekerasan verbal di TK ABA Kecamatan Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Menggunakan 2 skala, yaitu skala pengetahuan guru PAUD tentang hak perlindungan anak dan skala pencegahan kekerasan verbal. Populasi pada penelitian ini adalah semua guru yang ada TK ABA Kecamatan Temanggung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Probability Sampling yaitu teknik Simple Random Sampling (secara acak). Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 30 orang guru, sedangkan metode pengumpulan data menggunakakan angket, yang terdiri atas angket pengetahuan guru PAUD dan angket pencegahan kekerasan verbal. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi prduct moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengetahuan yang dimiliki guru tentang hak perlindungan anak berada pada tingkatan sedang yaituix sebesar 56,7%. Hasil penelitian melalui analisis korelasi product moment diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai pearson correlation sebesar 0,838, sehingga menunjukkan adanya hubungan positif dan sangat kuat antara pengetahuan guru PAUD tentang hak perlindungan anak dengan pencegahan kekerasan verbal di TK ABA Kecamatan Temanggung
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan guru PAUD, hak anak atas perlindungan, pencegahan kekerasan verbal. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 28 Mar 2020 01:29 |
Last Modified: | 28 Mar 2020 01:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35368 |
Actions (login required)
View Item |