PEMBELAJARAN DRUMBAND PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MARSUDIRINI KANAK-KANAK YESUS KOTA SEMARANG


Aditya Fitria Maulana Hidayat, 1601414021 (2019) PEMBELAJARAN DRUMBAND PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MARSUDIRINI KANAK-KANAK YESUS KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN DRUMBAND PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MARSUDIRINI KANAK-KANAK YESUS KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN DRUMBAND PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MARSUDIRINI KANAK-KANAK YESUS KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (489kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran drumband merupakan salah satu pembelajaran seni yang dapat diterapkan pada pendidikan anak usia dini dan sangat berpengaruh pada perkembangan anak yang ditandai dengan perkembangan motorik kasar dan motorik halus anak, pola bahasa serta perkembangan sosial dan emosional anak. Berdasarkan hasil observasi di TK Marsudirini Kanak-Kanak Yesus, ditemukan bahwa TK tersebut telah menerapkan pembelajaran drumband dan termasuk pada kegiatan intrakulikuler sekolah. Hal tersebut membuat kepala sekolah serta guru berusaha memperbaiki fasilitas serta sistem pengajaran yang diterapkan di TK Marsudirini Kanak-Kanak Yesus Kota Semarang. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan mendeskripsikan proses pembelajaran drumband di TK Marsudirini Kanak-kanak Yesus Kota Semarang. Berdasarkan fokus masalah yang telah dirumuskan maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menggembarkan proses pembelajaran drumband pada anak kelompok B di TK Marsudirini Kanak-kanak Yesus Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di TK Marsudirini Kanak-Kanak Yesus Kota Semarang. Subyek penelitian yang digunakan sebagai sumber data adalah kepala sekolah, guru pendamping drumband, serta pelatih drumband TK tersebut. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran drumband di TK Marsudirini Kanak-Kanak Yesus Kota Semarang dilaksanakan setiap Rabu dengan mendatangkan satu orang pelatih dari luar sekolah. Pelatih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan metode demonstrasi. Perbedaan yang terdapat dengan TK lainnya adalah pelaksaan pembelajaran yang dilaksanakan di dalam jam pelajaran sekolah, selebihnya kegiatan drumband sama dengan sekolahsekolah lainnya. Anak hanya mengikuti instruksi pelatih selama kegiatan berlangsung, serta kegiatan drumband telah dipersiapkan oleh pihak guru untuk mengisi acara perayaan natal yang diadakan oleh lembaga sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran drumband di TK Marsudirini Kanak-Kanak Yesus Kota Semarang adalah dengan adanya pembelajaran drumband anak-anak menjadi semangat untuk belajar, serta kegiatan tersebut juga dipersiapkan untuk acara perayaan natal. Sehingga terbukti bahwa kegiatan drumband di TK Yesus dapat mengoptimalkan perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intrakurikuler, Pembelajaran Drumband, Pembelajaran Musik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2020 01:19
Last Modified: 28 Mar 2020 01:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35366

Actions (login required)

View Item View Item