PEMAHAMAN GIZI SEIMBANG ANAK USIA 5-6 TAHUN BERDASARKAN PADA PENERAPAN NUTRITION POP-UP BOOK DI RA AL-IMAN BANARAN


Naviatul Umami , 1601414019 (2019) PEMAHAMAN GIZI SEIMBANG ANAK USIA 5-6 TAHUN BERDASARKAN PADA PENERAPAN NUTRITION POP-UP BOOK DI RA AL-IMAN BANARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMAHAMAN GIZI SEIMBANG ANAK USIA 5-6 TAHUN BERDASARKAN PADA PENERAPAN NUTRITION POP-UP BOOK DI RA AL-IMAN BANARAN]
Preview
PDF (PEMAHAMAN GIZI SEIMBANG ANAK USIA 5-6 TAHUN BERDASARKAN PADA PENERAPAN NUTRITION POP-UP BOOK DI RA AL-IMAN BANARAN) - Published Version
Download (841kB) | Preview

Abstract

Gizi merupakan aspek terpenting dalam kehidupan sehari-hari untuk anak usia dini. Sebelum anak menyukai dan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang tentunya anak perlu dikenalkan terlebih dahulu tentang makna dari gizi seimbang. Anak usia dini cenderung lebih menyukai atau lebih senang dengan media yang menarik, berwarna dan bahkan dapat bergerak, karena sesungguhnya anak usia dini merupakan masa ketika anak menghabiskan sebagian besar waktu untuk bermain. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu apakah ada perbedaan pemahaman gizi seimbang anak usia 5-6 tahun berdasarkan pada penerapan Nutrition Pop-Up Book di RA Al-Iman Banaran, sedangkan tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui perbedaan gizi seimbang yang dilakukan dengan media buku tersebut. Penelitian ini bersifat kuantitatif menggunakan bentuk Pre-experimental Design dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan anak usia 5-6 tahun di RA Al Iman Banaran yang berjumlah 34. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert dan observasi. Metode analisa dari penelitian ini dibantu dengan SPSS 16.0. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Paired Sample t-Test menunjukkan bahwa apabila -ttabel>thitung>ttabel maka signifikan, berarti dapat diartikan bahwa (-2,042 >-30,799 atau 30,799>2,042) dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Kesimpulan yang diperoleh bahwa terdapat perbedaan tingkat pemahaman gizi seimbang anak melalui Nutrition Pop-Up Book anak usia 5-6 tahun di RA Al Iman Banaran. Simpulan dari penelitian tersebut yaitu adanya peningkatan pemahaman melalui media tersebut. Adapun beberapa saran untuk sekolah hendaknya memfasilitasi buku-buku tentang gizi seimbang untuk menambah pemahaman anak tentang gizi seimbang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Gizi Seimbang, Anak Usia 5-6 Tahun, Nutrition Pop-Up Book
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2020 01:13
Last Modified: 28 Mar 2020 01:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35365

Actions (login required)

View Item View Item