HUBUNGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL SYSTEM TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI biMBA AIUEO CONDROKUSUMO SEMARANG


Ayu Vitasari Purwasih , 1601414015 (2019) HUBUNGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL SYSTEM TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI biMBA AIUEO CONDROKUSUMO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL SYSTEM TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI biMBA AIUEO CONDROKUSUMO SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL SYSTEM TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI biMBA AIUEO CONDROKUSUMO SEMARANG) - Published Version
Download (795kB) | Preview

Abstract

Memberikan pembelajaran untuk anak diperlukan suatu strategi pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yaitu pembelajaran individual Menurut Wina Sanjaya (2008:128) strategi pembelajaran individual dilakukan oleh siswa secara mandiri. Kecepatan, kelambatan dan keberhasilan pembelajaran siswa sangat ditentukan oleh kemampuan individu yang bersangkutan. Observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di biMBA AIUEO Condrokusumo Semarang terdapat beberapa siswa yang mempunyai interaksi sosial dengan temannya maupun orang lain bagus tetapi juga ada yang kurang dalam berinteraksi dengan teman ataupun orang lain. Adanya penggunaan strategi pembelajaran individual system apakah mempengaruhi tinggi rendahnya keterampilan sosial siswa di biMBA AIUEO Condrokusumo.Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian in adalah apakah terdapat pengaruh penerapan pembelajaran individual terhadap keterampilan anak usia 5-6 tahun di biMBA AIUEO Condrokusumo Semarang. Tujuan penelitian mengetahui seberapa besar pengaruh pembeajaran individual terhadap keterampilan sosial anakPenelitian ini termasuk penelitian expost facto dengan desain penelitian kuantitatif korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran individual (x) dan variabel terikatnya adalah keterampilan sosial (y). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 63 anak terdiri 31 anak laki-laki dan 32 anak perempuan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh jumlah sampel 35 anak. Pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Validitas diuji dengan rumus product moment, dan reliabilitas diuji dengan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penerapan pembelajaran individual terhadap keterampilan sosial anak dengan nilai R (0,654), R square (0,248)

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran individual, keterampilan sosial.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2020 00:55
Last Modified: 28 Mar 2020 01:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35364

Actions (login required)

View Item View Item