PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERGAMBAR KETERAMPILAN MENULIS (MERINGKAS) UNTUK SISWA SMP KELAS VII SE-KECAMATAN PEMALANG
Isya Dina Kamalia , 2601414101 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERGAMBAR KETERAMPILAN MENULIS (MERINGKAS) UNTUK SISWA SMP KELAS VII SE-KECAMATAN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERGAMBAR KETERAMPILAN MENULIS (MERINGKAS) UNTUK SISWA SMP KELAS VII SE-KECAMATAN PEMALANG)
- Published Version
Download (992kB) | Preview |
Abstract
Bahasa jawa merupakan pelajaran wajib di Provinsi Jawa Tengah.Kurikulum yang digunakan di SMP kabupaten Pemalang adalah kurikulum 2013, yang memuat kompetensi dasar 3.1 yang berbunyi “meringkas isi teks ramayana kidang kencana”.Meringkas merupakan salah satu keterampilan menulis yang harus dimiliki siswa. Pada kenyataanya, siswa tidak tahu cara meringkas cerita yang baik dan benar. Hal itu dikarenakan materi tentang cara meringkas belum ada di dalam buku yang siswa gunakan. Buku yang digunakan adalah buku paket dan LKS.Materi meringkas tidak dijelaskan secara rinci pada buku tersebut. Berdasarkan hasil observasi, ketersediaan buku tentang cara meringkas cerita belum ada. Siswa membutuhkan inovasi dalam buku yang mereka gunakan, seperti pemberian gambar ilustrasi sehingga siswa dapat memahami konsep buku dan minat baca mereka meningkat.Sesuai permasalahan tersebut, peneliti bermaksud mengembangkan buku pengayaan bergambar keterampilan menulis (meringkas) menggunakan bahasa ngoko alus. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan (Research and Development).Prosedur penelitian ini yaitu (1) analisis potensi dan masalah, (2) mengumpulkan data, (3) desain produk, (4) validasi desain/uji ahli, dan (5) revisi produk.Data yang diperoleh menggunakan (1) teknik observasi, (2) wawancara, (3) angket kebutuhan, dan (4) lembar penliaian.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan buku pengayaan bergambar keterampilan menulis (meringkas) seperti yang dibutuhkan oleh siswa dan guru.Teknik meringkas cerita yang digunakan adalah teknik meringkas 4P dari Femi Olivia yang dilengkapi cerita ramayana kidang kencana sebagai contoh untuk penerapan teknik 4P. Saran penelitian ini yaitu (1) bagi guru buku ini dapat digunakan sebagai referensi bahan ajar, (2) bagi siswa, bisa meningkatkan keterampilan meringkas, dan (3) bagi yang melakukan penelitian, buku ini masih memiliki banyak kekurangan sehingga perlu diteliti lagi agar kualitas buku dapat jauh lebih baik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, keterampilan meringkas |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 27 Mar 2020 15:23 |
Last Modified: | 27 Mar 2020 15:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35355 |
Actions (login required)
View Item |