PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS DESKRIPTIF PERISTIWA BUDAYA BERBASIS KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS VII DI KABUPATEN KENDAL


Arta Permana Dewangga , 2601414093 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS DESKRIPTIF PERISTIWA BUDAYA BERBASIS KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS VII DI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS DESKRIPTIF  PERISTIWA BUDAYA BERBASIS KONTEKSTUAL BAGI SISWA  KELAS VII DI KABUPATEN KENDAL ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS DESKRIPTIF PERISTIWA BUDAYA BERBASIS KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS VII DI KABUPATEN KENDAL ) - Published Version
Download (933kB) | Preview

Abstract

Peristiwa budaya yang ada di Kabupaten Kendal, ada yang rutin setiap tahun sekali dilaksanakan, ada juga tiga tahun sekali dilaksanakan dan sudah terdokumentasikan dalam bentuk gambar dan video. Akan tetapi, peristiwa budaya di Kabupaten Kendal belum ditulis dalam bentuk buku dan peristiwa budaya tersebut belum dilibatkan dalam materi pembelajaran khususnya bahasa Jawa. Pembelajaran mengenai materi teks deskriptif peristiwa budaya yang digunakan berasal dari daerah di luar Kabupaten Kendal. Materi pembelajaran teks deskriptif peritiwa budaya tersebut diambil dari buku paket. Materi tersebut kurang kontekstual jika digunakan di Kabupaten Kendal. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana analisis kebutuhan siswa, guru, dan masyarakat terhadap buku pengayaan teks deskriptif peristiwa budaya berbasis kontekstual, 2) bagaimana prototipe buku pengayaan teks deskriptif peristiwa budaya berbasis kontekstual, dan 3) bagaimana hasil uji ahli terhadap prototipe buku pengayaan teks deskriptif peristiwa budaya berbasis kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Tahap penelitian yang dilakukan yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Data dalam penelitian ini adalah data dari observasi tentang proses pembelajaran dan ketesediaan buku pengayaan, analisis kebutuhan siswa, guru, dan masyarakat, data analisis peristiwa budaya dari narasumber, dan data dari hasil uji validasi produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu buku pengayaan teks deskriptif peristiwa budaya sesuai dengan kebutuhan siswa, guru, dan masyarakat. Buku pengayaan yang dihasilkan berjudul Tradhisi Budaya ing Kendal yang berisi delapan peristiwa budaya di Kabupaten Kendal, antara lain yaitu, Kirab Sadranan Talang Tawing, Syawalan, Kirab Nyi Dapu, Pesta Laut Tawang, Pesta Laut Sendang Sikucing, Wiwitan, Ruwat Pidodo Wetan, dan Ruwatan Tambak. Delapan peristiwa budaya tersebut disusun berdasarkan intensitas jawaban dari angket kebutuhan siswa dan masyarakat. Masing-masing peristiwa budaya dilengkapi dengan gambar atau ilustrasi pendukung dan dikembangkan menggunakan struktur teks deskripsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Pengayaan, Peristiwa Budaya
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2020 16:06
Last Modified: 26 Mar 2020 16:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35352

Actions (login required)

View Item View Item