Perbandingan Kemampuan Membaca Pemahaman Semester I Bahasa dan Sastra Asing melalui Tes Objektif Isian Singkat dan Tes Objektif Pilihan Ganda.

Khoir Nihayah, 2314990014 (2005) Perbandingan Kemampuan Membaca Pemahaman Semester I Bahasa dan Sastra Asing melalui Tes Objektif Isian Singkat dan Tes Objektif Pilihan Ganda. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Perbandingan Kemampuan Membaca Pemahaman Semester I Bahasa dan Sastra Asing melalui Tes Objektif Isian Singkat dan Tes Objektif Pilihan Ganda.) - Published Version
Download (264Kb)

    Abstract

    Tes objektif isian singkat dan tes objektif pilihan ganda merupakan bentuk tes yang sering dibuat oleh dosen untuk mengukur kemampuan siswa. Pada tes isian singkat, mahasiswa harus memahami isi pertanyaan, menyusun jawaban sendiri dan mereka tidak mempunyai kemungkinan menebak jawaban, sedangkan pada tes pilihan ganda, mahasiswa memilih jawaban yang dianggap benar dan ada kemungkinan mahasiswa menebak jawaban. Dengan adanya unsur terkaan pada tes objektif pilihan ganda, peneliti berasumsi bahwa hasil tes pilihan ganda lebih baik dari tes isian singkat. Oleh karena itu, penelitian ini akan membandingkan kemampuan membaca pemahaman melalui tes objektif : isian singkat dan pilihan ganda Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil tes mahasiswa semester I tahun ajaran 2004/2005 Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis,jurusan Bahasa dan Sastra Asing, FBS UNNES dalam mengerjakan tes isian singkat dan tes pilihan ganda. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 31 orang yang terdiri dari 6 responden untuk menguji keterandalan tes dan 25 responden untuk pengumpulan data. Untuk menguji keterandalan tes digunakan rumus product moment. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam mengerjakan tes isian singkat ‘cukup’. Nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa adalah 63,08. Dan hasil analisis dalam mengerjakan tes pilihan ganda ‘baik’. Nilai rata-rata yang diperoleh adalah 74,4. Analisis menunjukkan bahwa ada beberapa responden yang tidak cukup memahami isi teks dan pertanyaan karena responden tidak memiliki kosakata yang memadai terutama sinonim.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kemampuan, pemahaman, teks bahasa Prancis.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 21 Aug 2011 21:32
    Last Modified: 21 Aug 2011 21:32

    Actions (login required)

    View Item