PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BERHURUF JAWA UNTUK SISWA KELAS VII SMP DI KECAMATAN UNGARAN TIMUR


Fajar Arum Sari , 2601414075 (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BERHURUF JAWA UNTUK SISWA KELAS VII SMP DI KECAMATAN UNGARAN TIMUR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BERHURUF JAWA UNTUK SISWA KELAS VII SMP DI KECAMATAN UNGARAN TIMUR ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BERHURUF JAWA UNTUK SISWA KELAS VII SMP DI KECAMATAN UNGARAN TIMUR ) - Published Version
Download (590kB) | Preview

Abstract

Siswa Kelas VII SMP di Kecamatan Ungaran Timur merasa bosan dengan pembelajaran membaca teks berhuruf Jawa yang monoton. Hal ini dikarenakan terbatasnya media pembelajaran membaca teks berhuruf Jawa yang ada. Guru hanya menggunakan buku ajar selama pembelajaran, sehingga minat siswa dalam membaca teks berhuruf Jawa kurang karena teks yang disajikan terlalu panjang. Oleh karena itu, diperlukan adanya media pembelajaran yang menarik, atraktif, dan interaktif agar memotivasi siswa dalam membaca teks berhuruf Jawa. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru terhadap media pembelajaran membaca teks berhuruf Jawa untuk siswa kelas VII SMP, 2) menyusun prototipe media interaktif pembelajaran membaca teks berhuruf Jawa untuk siswa kelas VII SMP, dan 3) memaparkan hasil validasi ahli terhadap prototipe media interaktif pembelajaran membaca teks berhuruf Jawa untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode research and developmen (R and D). Subjek penelitan ini adalah guru dan siswa kelas VII SMP di Kecamatan Ungaran Timur serta dosen ahli materi dan media. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa prototipe multimedia interaktif pembelajaran membaca teks berhuruf Jawa untuk siswa Kelas VII SMP di Kecamatan Ungaran Timur. Prototipe disusun berdasarkan kebutuhan siswa dan guru yaitu 1) struktur isi, 2) pengemasan, dan 3) audio yang digunakan pada multimedia interaktif pembelajaran membaca teks berhuruf Jawa. Bentuk dari penyusunan prototipe yaitu berupa aplikasi multimedia interaktif. Penayangan teks berhuruf Jawa melalui cerita bergambar lebih menarik minat siswa dalam membaca teks berhuruf Jawa. Selain itu, terdapat audio sebagai konfirmasi cara membaca yang benar untuk menunjang siswa belajar secara mandiri di manapun dan kapanpun. Desain produk tersebut diuji validasi oleh ahli media, ahli materi, dan guru sebagai pengguna. Setelah dilakukan perbaikan desain produk sesuai dengan saran validator, multimedia interaktif pembelajaran membaca teks berhuruf Jawa dianggap layak untuk digunakan oleh siswa kelas VII SMP di Kecamatan Ungaran Timur. Bagi guru dan siswa, media pembelajaran hasil penelitian ini selain dapat digunakan untuk pembelajaran di dalam kelas, juga dapat digunakan siswa pada pembelajaran mandiri

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, membaca, teks berhuruf Jawa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2020 15:40
Last Modified: 26 Mar 2020 15:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35348

Actions (login required)

View Item View Item