PENGEMBANGAN SINOPSIS DONGENG BERBAHASA JAWA BERLATAR KULTUR SOSIAL JAWA MASA LALU SEBAGAI BUKU PEDOMAN GURU TK DI KABUPATEN JEPARA


Tri Rahmaya , 2601414052 (2019) PENGEMBANGAN SINOPSIS DONGENG BERBAHASA JAWA BERLATAR KULTUR SOSIAL JAWA MASA LALU SEBAGAI BUKU PEDOMAN GURU TK DI KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN SINOPSIS DONGENG BERBAHASA JAWA BERLATAR KULTUR SOSIAL JAWA MASA LALU SEBAGAI BUKU PEDOMAN GURU TK DI KABUPATEN JEPARA ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN SINOPSIS DONGENG BERBAHASA JAWA BERLATAR KULTUR SOSIAL JAWA MASA LALU SEBAGAI BUKU PEDOMAN GURU TK DI KABUPATEN JEPARA ) - Published Version
Download (728kB) | Preview

Abstract

Pendidik TK di Kabupaten Jepara dalam pembelajaran dongeng masih kurang. Faktanya disebabkan oleh terbatasnya sumber media dongeng serta kurang memahami isi yang terkandung dalam sebuah cerita khususnya dongeng berbahasa Jawa. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana gambaran kebutuhan guru TK di Kabupaten Jepara dalam mendongeng berbahasa Jawa berlatar kultur sosial Jawa masa lalu , dan (2) Bagaimana prototipe pengembangan sinopsis dongeng berbahasa Jawa berlatar kultur sosial Jawa masa lalu bagi guru TK di Kabupaten Jepara. Penelitian ini menghasilkan buku sinopsis dongeng berbahasa Jawa sebagaimana yang dibutuhkan guru TK. Dongeng yang digunakan adalah cerita kultur sosial di Jepara. Berdasarkan analisis kebutuhan dapat diketahui beberapa hal diantaranya guru setuju adanya pengembangan dongeng berbahasa Jawa berlatar kultur sosial Jawa masa lalu. Adapun jenis huruf yang direkomendasikan yaitu Comic Sans Ms berukuran A5 dengan warna full colour. Desain penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah guru, dan tim validasi ahli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket kebutuhan, dan angket uji ahli. Saran Penelitian ini sebagai berikut. (1) Bagi pendidik, dalam menyampaikan suatu dongeng pada anak harus memuat suatu dongeng yang variatif, serta untuk lebih menarik perhatian dari anak maka perlunya media pendukung seperti gambar/poperti yang lain supaya anak tertarik dalam mengikuti jalan cerita dengan baik. (2) Buku dongeng Ratu Kalinyamat lan Dongeng Jepara Liyane sebaiknya diterapkan tidak hanya dalam pembelajaran saja, namun dapat digunakan sebagai salah satu referensi kearifan lokal pengetahuan bagi masyarakat umum, khususnya di wilayah Kabupaten Jepara. (3) Perlu dilakukan penelitian selanjutnya, penelitian ini dapat dilanjutkan untuk meguji efektifitas buku dongeng Ratu Kalinyamat lan Dongeng Jepara Liyane. Penelitian lanjutan akan meningkatkan kualitas buku agar lebih baik lagi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Dongeng, Kultur Sosial.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2020 15:35
Last Modified: 26 Mar 2020 15:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35346

Actions (login required)

View Item View Item