PENGEMBANGANMEDIA KOMIK UNTUKPEMBELAJARANMENCERITAKAN KEMBALICERITA LEGENDABAGISISWA KELAS VIII SMPN 5 BATANG


Ristina Riza Zavela , 2601414037 (2019) PENGEMBANGANMEDIA KOMIK UNTUKPEMBELAJARANMENCERITAKAN KEMBALICERITA LEGENDABAGISISWA KELAS VIII SMPN 5 BATANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGANMEDIA KOMIK UNTUKPEMBELAJARANMENCERITAKAN KEMBALICERITA LEGENDABAGISISWA KELAS VIII SMPN 5 BATANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGANMEDIA KOMIK UNTUKPEMBELAJARANMENCERITAKAN KEMBALICERITA LEGENDABAGISISWA KELAS VIII SMPN 5 BATANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi menceritakan kembali cerita legenda merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh siswa di tingkat SMP kelas VIII. Proses pembelajaran menceritakan kembali cerita legenda membutuhkan suatu media agar membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Saat ini belum ada media untuk belajar menceritakan kembali cerita legenda.Salah satu media yang saat ini disukai anak adalah media komik.Komik merupakan media yang sederhana, menarik, dan mudah dipahami karena berisi cerita dan gambar.Cerita yang dikembangkan penelitian ini adalah Legenda Guwa Aswatama Kabupaten Batang dengan harapan dapat mengetahui dan melestarikan cerita legenda di Kabupaten Batang. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah yang disusun dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kebutuhan dan pengembangan prototipe Media Komik untuk Pembelajaran Meringkas Isi Teks Cerita Legenda Siswa Kelas VIII SMP N 5 Batang? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kebutuhan dan menyusun Media Komik untuk Pembelajaran menceritakan kembaliCerita Legenda. Desain penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan tim ahli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi,angket kebutuhan, dan angket uji ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dibutuhkan sebuah media yang sesuai dalam pembelajaran menceritakan kembali cerita legenda.Berdasarkan analisis kebutuhan dapat diketahui beberapa hal diantaranya, siswa dan guru setuju menggunakan media komik untuk pembelajaran menceritakan kembali cerita legenda. Adapun jenis huruf yang direkomendasikan yaitu Comic Sans Ms berukuran A5 dengan warnafullcolour. Saran dari penelitian ini sebagai berikut. 1) Guru bahasa Jawa di Kabupaten Batang sebaiknya menggunakan komik Legenda Guwa Aswatama Kabupaten Batang sebagai alternatif media pembelajaan khususnya materi menceritakan kembali cerita legenda. 2) Komik Legenda Guwa Aswatama Kabupaten Batang sebaiknya diterapkan tidak hanya dalam pembelajaran saja, namun dapat digunakan sebagai salah satu referensi kearifan lokal pengetahuan bagi masyarakat umum, khususnya di wilayah Kabupaten Batang.3) Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut guna menguji efektivitas komik sebagai media pembelajaranmenceritakan kemalicerita legenda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: komik, cerita legenda
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2020 15:28
Last Modified: 26 Mar 2020 15:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35344

Actions (login required)

View Item View Item