Pengembangan Buku Pengayaan Teks Deskriptif Peristiwa Budaya Siswa SMP Kelas VII Kabupaten Boyolali


Maulida Luthfiana Chariroh , 2601414013 (2019) Pengembangan Buku Pengayaan Teks Deskriptif Peristiwa Budaya Siswa SMP Kelas VII Kabupaten Boyolali. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Pengembangan Buku Pengayaan Teks Deskriptif Peristiwa Budaya Siswa SMP Kelas VII Kabupaten Boyolali ]
Preview
PDF (Pengembangan Buku Pengayaan Teks Deskriptif Peristiwa Budaya Siswa SMP Kelas VII Kabupaten Boyolali ) - Published Version
Download (614kB) | Preview

Abstract

Peristiwa budaya merupakan suatu kegiatan yang secara rutin dilaksanakan oleh suatu kelompok masyarakat. Banyak sekali peristiwa budaya yang berkembang pada suatu daerah. Sebagai contoh di daerah Kabupaten Boyolali, banyak peristiwa budaya yang dilaksanakan oleh warga di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Boyolali. Budaya tersebut perlu dilestarikan agar tidak hilang tergerus budaya asing. Peristiwa budaya perlu dipelajari oleh generasi muda, dan terdapat dalam materi pembelajaran pada kurikulum 2013 muatan lokal Bahasa Jawa. Pembelajaran di sekolah siswa belajar menggunakan Lembar Kerja siswa. Dalam Lembar Kerja Siswa tersebut materi peristiwa budaya yang dimuat kurang kontekstual. Peristiwa budaya yang dimuat dari tahun ke tahun yaitu peristiwa budaya yang ada di luar Kabupaten Boyolali. Siswa masih jarang yang mengenal peristiwa budaya yang ada di daerahnya sendiri, Kabupaten Boyolali. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini akan dikembangkan buku pengayaan teks deskriptif peristiwa budaya untuk siswa SMP di Kabupaten Boyolali. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apa saja analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan teks deskriptif peristiwa budaya di Boyolali, (2) bagaimana prototipe buku pengayaan teks deskriptif peristiwa budaya di Boyolali, (3) bagaimana hasil uji ahli terhadap prototipe bahan ajar dalam bentuk buku pengayaan teks deskriptif peristiwa budaya di Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembanagn (Research and Development). Tahap penelitian yang dilakukan yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Data dalam penelitian adalah data dari observasi tentang proses pembelajaran dan ketersediaan buku pengayaan, analisis kebutuhan siswa, guru, dan masyarakat, data analisis peristiwa budaya dari narasumber, dan data dari hasil uji ahli validasi produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu buku pengayaan teks deskriptif peristiwa budaya sesuai dengan kebutuhan siswa, guru, dan masyarakat. Buku pengayaan yang dihasilkan berjudul Tungguk Tembakau Festival; Tradhisi ing Kabupaten Boyolali yang berisi delapan peristiwa budaya di Boyolali, antara lain yaitu,Tungguk Tembakau Festival, Sebaran Apem “Keong Mas”, Dhekahan Desa, Metri Tuk Babon, Sadranan Cepogo, Bada Sapi, Nyadran Kramat, Iring Manten. Delapan peristiwa budaya tersebut disusun berdasarkan urutan pelaksanaan dari peristiwa budaya yang besar hingga peristiwa budaya yang kecil. Masing-masing peristiwa budaya dilengkapi dengan gambar dan disusun menggunakan struktur teks deskripsi. Berdasarkan penelitian tersebut, terdapat saran yang disampaikan oleh penulis yaitu, 1) bagi siswa dan guru SMP di Kabupaten Boyolali, buku pengayaan teks deskriptif peristiwa budaya di Kabupaten Boyolali dapat digunakan sebagai tambahan pengetahuan dan sebagai referensi dalam pembelajaran, 2) bagi masyarakat umum di Kabupaten Boyolali, buku pengayaan teks deskriptif peristiwa budaya di Kabupaten Boyolali dapat digunakan sebagai tambahan pengetahuan tentang peristiwa budaya yang ada di Kabupaten Boyolali, 3) bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat dilanjutkan untuk menguji efektifitas buku pengayaan teks deskriptif peristiwa budaya. selain itu, penilitian lanjutan akan meningkatkan kualitas buku agar lebih baik lagi dan benar-benar dapat membantu untuk menambah pengetahuan baik bagi siswa dan masyarakat umum serta dapat digunakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Pengayaan, Peristiwa Budaya
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2020 14:30
Last Modified: 26 Mar 2020 14:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35339

Actions (login required)

View Item View Item