PENGEMBANGAN MEDIA INSTRUKSIONAL FLASH PADA KETERAMPILAN MENULIS DAN MEMBACA HURUF JAWA KELAS VII SMP/MTs DI KABUPATEN REMBANG


Nurul Hidayah , 2601413103 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA INSTRUKSIONAL FLASH PADA KETERAMPILAN MENULIS DAN MEMBACA HURUF JAWA KELAS VII SMP/MTs DI KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA INSTRUKSIONAL FLASH PADA KETERAMPILAN MENULIS DAN MEMBACA HURUF JAWA KELAS VII SMP/MTs DI KABUPATEN REMBANG ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA INSTRUKSIONAL FLASH PADA KETERAMPILAN MENULIS DAN MEMBACA HURUF JAWA KELAS VII SMP/MTs DI KABUPATEN REMBANG ) - Published Version
Download (762kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media intruksional flash difungsikan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis dan membaca huruf Jawa. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar siswa tingkat SMP/MTs belum memahami huruf Jawa, sehingga materi huruf Jawa kurang diminati. Kurangnya dukungan media juga menjadi faktor penyebab terhambatnya proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi untuk belajar mengenal huruf Jawa yang lebih menarik dan menyenangkan agar mudah dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap media intruksional flash sebagai media pembelajaran huruf Jawa kelas VII SMP/MTs di Kabupaten Rembang, (2) mengetahui bentuk prototipe media intruksional flash pada keterampilan menulis dan membaca huruf Jawa berdasarkan kebutuhan siswa dan guru, dan (3) mengetahui hasil uji validasi prototipe media intruksional flash pada keterampilan menulis dan membaca huruf Jawa kelas VII SMP/MTs. Subjek penelitian ini meliputi siswa dan guru. Data yang diperoleh menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini berupa media intruksional flash Sinau Nulis lan Maca Aksara Carakanyang berisi materi pembelajaran huruf Jawa untuk kelas VII, yaitu pengenalan aksara legena, sandhangan, pasangan, dan angka Jawa serta sajian cerita Ajisaka dan beberapa evaluasi yang dibuat semacam game. Permainan ini dibuat menggunakan aplikasi flash. Permainan Sinumaca memiliki delapan menu, yaitu pandom (petunjuk cara memainkan), kompetensi, materi, waosan, gladhen (evaluasi), glosarium, pustaka, dan profil. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan penelitian ini ialah guru dapat mengujicoba media intruksional flash ini kepada siswa sebagai media alternatif untuk belajar menulis dan membaca huruf Jawa dengan mudah dan menyenangkan, serta hendaknya dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran serupa untuk memperkaya media pembelajaran huruf Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Flash, Aksara Jawa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2020 13:51
Last Modified: 26 Mar 2020 13:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35332

Actions (login required)

View Item View Item