MOTIF BATIK KERATON YOGYAKARTA (TINJAUAN ETNOLINGUISTIK)


Teguh Arif Tri Budi Aji , 2601413102 (2019) MOTIF BATIK KERATON YOGYAKARTA (TINJAUAN ETNOLINGUISTIK). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MOTIF BATIK KERATON YOGYAKARTA  (TINJAUAN ETNOLINGUISTIK) ]
Preview
PDF (MOTIF BATIK KERATON YOGYAKARTA (TINJAUAN ETNOLINGUISTIK) ) - Published Version
Download (901kB) | Preview

Abstract

Yogyakarta merupakan bagian wilayah dari Daerah Istimewa yang memiliki sistem kerajaan. Hal tersebut menunjukan bahwa Yogyakarta terdapat Keraton Yogyakarta. Keraton Yogyakarta menjadi pusat kebudayaan Jawa. Kebudayaan yang terdapat di Keraton Yogyakarta salah satunya busana khusus yaitu motif batik yang digunakan masyarakat lingkungan Keraton Yogyakarta. Masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah klasifikasi bentuk leksikon motif batik Keraton Yogyakarta; (2) bagaimanakah klasifikasi makna leksikon motif batik Keraton Yogyakarta; (3) bagaimanakah fungsi leksikon motif batik Keraton Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk leksikon motif batik Keraton Yogyakarta; (2) mendeskripsikan makna leksikon motif Keraton Yogyakarta; (3) mendeskripsikan fungsi leksikon motif batik Keraton Yogyakarta. Penelitian ini menghasilkan (1) leksikon motif batik Keraton Yogyakarta berbentuk kata monomorfemis, dan polimorfemis. Selain kata, leksikon motif batik juga berkategori frasa. (2) makna dari motif batik Keraton Yogyakarta dikategorikan berdasarkan makna leksikal dan kultural. (3) fungsi dari motif batik Keraton Yogyakarta yaitu sebagai khasanah kekayaan bahasa, unsur religius, cerminan budaya masyarakat Yogyakarta, dan sebagai identitas status sosial. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang motif batik Keraton Yogyakarta, serta dapat menjadi acuan penelitian etnolinguistik dalam objek penelitian dalam bidang yang sama. Peneliti juga menyarankan kepada peneliti berikutnya dapat mengkaji lebih luas dalam bidang kajian yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: satuan lingual, makna, cermin budaya.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2020 13:47
Last Modified: 26 Mar 2020 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35331

Actions (login required)

View Item View Item