PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK PADA KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JAWA DI SMP NEGERI 1 BATANG


Tetty Fitria , 2601413034 (2019) PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK PADA KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JAWA DI SMP NEGERI 1 BATANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK PADA  KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JAWA  DI SMP NEGERI 1 BATANG ]
Preview
PDF (PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK PADA KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JAWA DI SMP NEGERI 1 BATANG ) - Published Version
Download (684kB) | Preview

Abstract

Perubahan kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013 bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan sehingga menjadi tantangan baru bagi guru, salah satunya yaitu penilaian hasil belajar. Penilaian yang sebelumnya dilakukan untuk mengukur kompetensi pengetahuan berubah menjadi penilaian otentik yang meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian tersebut diterapkan pada mata pelajaran bahasa Jawa di SMP Negeri 1 Batang. Namun, penerapan penilaian otentik tidak berjalan dengan semestinya karena ditemukan kendala pada keterampilan berbahasa, khususnya pada keterampilan menulis. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendiskripsikan penerapan penilaian otentik pada keterampilan menulis bahasa Jawa, dan 2) mendiskripsikan kendala guru bahasa Jawa dalam menerapkan penilaian otentik pada keterampilan menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Jawa dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas VII, VIII, dan IX semester genap yang berkaitan dengan keterampilan menulis. Data penelitian ini berupa deskripsi tentang penerapan penilaian otentik pada keterampilan menulis bahasa Jawa dan kendala guru bahasa Jawa dalam menerapkan penilaian otentik pada keterampilan menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian otentik pada keterampilan menulis kelas VII, VIII, dan IX semester genap diterapkan melalui teknik penilaian produk. Jenis penilaian tes keterampilan menulis bahasa Jawa yang digunakan guru antara lain menulis berdasarkan rangsang gambar, menulis berdasarkan rangsang buku, menulis berdasarkan tema tertentu, dan membuat kerangka tulisan. Kendala guru bahasa Jawa dalam menerapkan penilaian otentik pada keterampilan menulis berkaitan dengan perencanaan penilaian. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan yaitu teknik, instrumen, kriteria penilaian, dan rubrik penilaian yang digunakan guru pada penilaian tugas keterampilan menulis bahasa Jawa hendaknya disesuaikan dengan pedoman penilaian dalam RPP. Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lanjutan mengenai penilaian otentik dalam pembelajaran bahasa Jawa, khususnya mengenai penerapan penilaian otentik tingkat SMP dengan menggunakan semua kompetensi berbahasa, yakni menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilaian otentik dan keterampilan menulis
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2020 13:38
Last Modified: 26 Mar 2020 13:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35328

Actions (login required)

View Item View Item