UNGKAPAN IDIOMATIK YANG TERDAPAT DALAM NOVEL SANG PANGERAN PATI KARYA FITRI GUNAWAN


Amin Suyudi , 2601413007 (2019) UNGKAPAN IDIOMATIK YANG TERDAPAT DALAM NOVEL SANG PANGERAN PATI KARYA FITRI GUNAWAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of UNGKAPAN IDIOMATIK YANG TERDAPAT DALAM  NOVEL SANG PANGERAN PATI KARYA FITRI  GUNAWAN]
Preview
PDF (UNGKAPAN IDIOMATIK YANG TERDAPAT DALAM NOVEL SANG PANGERAN PATI KARYA FITRI GUNAWAN) - Published Version
Download (861kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali karena adanya penggunaan idiom dalam novel Sang Pangeran Pati karya Fitri Gunawan.Melalui idiom, Fitri Gunawan berusaha menyampaikan nilai-nilai luhur budaya Jawa.Melalui novel Jawa, masyarakat dapat mempelajari penggunaan idiom sesuai dengan kontek dan situasinya. Masalah penelitian ini ialah (1) bagaimana bentuk ungkapan idiomatik yang terdapat dalam novel Sang Pangeran Pati, (2) bagaimana makna ungkapan idiomatik yang terdapat dalam novel Sang Pangeran Pati, (3) bagaimana fungsi ungkapan idiomatik yang terdapat dalam novel Sang Pangeran Pati. Tujuan penelitian ini ialah (1) mendeskripsi bentuk ungkapan idomatik yang terdapat dalam novel Sang Pangeran Pati; (2) mendeskripsi makna ungkapan idomatik yang terdapat dalam novel Sang Pangeran Pati; (3) mendeskripsi fungsi ungkapan idomatik yang terdapat dalam novel Sang Pangeran Pati. Metode penelitian ini ialah deskripstif kualitatif. Data penelitian ini yaitu kutipan-kutipan yang diduga mengandung ungkapan idiomatik dalam novel Sang Pangeran Pati. Sumber data penelitian ini ialah novel Sang Pangeran Pati terbitan Q Publisher edisi pertama 2013 dengan tebal 203 halaman. Metode pengumpulan data yang digunakan ialahmetode pustaka dengan teknik catat sebagai teknik lanjutannya.Teknikanalisisdata menggunakanteknik agih dan teknik analisis konten. Hasil penelitianinimenunjukkanbahwa(1)bentuk ungkapan idiomatik yang terdapat dalam novel Sang Pangeran Pati ada tiga macam yaitu kalimat, frasa, dan kata. Ungkapan idiomatik berbentuk kalimat terdiri dari penggambaran situasi tentang apa yang terjadi dan sindiran-sindiran. Ungkapan idiomatik berbentuk frasa terdiri dari adjektiva+nomina, verba+nomina,nomina+adjektiva, verba+adjektiva, verba+verba, nomina+nomina, verba+adverb,adjektiva+adjektiva, adverb+adverb, nomina+verba, adjektiva+verba.Selain idiom berbahasa Jawa, di dalam novel Sang Pangeran Pati juga ditemukan idiom yang menggunakan bahasa asing. (2) Makna ungkapan idiomatik dalam novel Sang Pangeran Pati berdasarkan ruang persepsi model Haley meliputi lima kategori yaitu being ‘keadaan’, cosmos ‘kosmos’, energy ‘energi’, subtance ‘subtansi’, terrestrial ‘terestrial’.(3) Fungsi ungkapan idiomatik yang ditemukan yaitu untuk menyampaikan pesan, sapaan, dan nama.Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan kajian pustaka untuk penelitian selanjutnya di bidang semantik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ungkapan idiomatik, bentuk, makna, dan fungsi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2020 13:30
Last Modified: 26 Mar 2020 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35326

Actions (login required)

View Item View Item