STRUKTUR NOVEL PRAU LAYAR ING KALI CODE KARYA BUDI SARDJONO


Helvy Andri Luckman , 2601412142 (2019) STRUKTUR NOVEL PRAU LAYAR ING KALI CODE KARYA BUDI SARDJONO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of STRUKTUR NOVEL PRAU LAYAR ING KALI CODE  KARYA BUDI SARDJONO ]
Preview
PDF (STRUKTUR NOVEL PRAU LAYAR ING KALI CODE KARYA BUDI SARDJONO ) - Published Version
Download (550kB) | Preview

Abstract

Cerita-cerita kaum minoritas, hal-hal yang diluar nalar manusia pada umumnya, kejadian-kejadian yang misterius, dan lain sebagainya, merupakan beberapa alasan yang membuat penelitian ini diadakan terhadap novel Prau Layar ing Kali Code. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui struktur novel dan peran tokoh aku pada novel Prau Layar ing Kali Code. Permasalahan yang dikaji atau dianalisis dalam penelitian ini yaitu: (1) struktur pada novel Prau Layar ing Kali Code, (2) peran tokoh aku pada novel Prau Layar ing Kali Code. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan unsur intrinsik pada novel Prau Layar ing Kali Code, (2) mendeskripsikan peran tokoh aku pada novel Prau Layar ing Kali Code. Kajian pustaka pada penelitian ini mengacu pada jurnal dan skripsi yang relevan dengan penelitian ini, dan landasan teori pada penelitian ini mengacu pada teori kajian fiksi yang fokus pada penokohan. Data yang dikumpulkan berupa kalimat yang dikutip dalam novel Prau Layar ing Kali Code sesuai dengan teori yang sudah ada dan kemudian akan dianalisis. Analisis data dengan cara memilah data yang sudah terkumpulkan berdasarkan unsur pembangun novel, yaitu: tema, alur, tokoh, latar, dan sudut pandang. Penyajian hasil analisis berupa data deskriptif kualitatif berupa kalimat. Hasil analisis pada penelitian ini yaitu: (1) tokoh aku bersikap bijaksana dan cerdas serta penolong dengan rasa ingin tahu yang tinggi, (2) tokoh aku berperan sebagai narrator dan penghubung antara dua kehidupan pada novel Prau Layar ing Kali Code. Saran yang diberikan yakni jangan mencoba hal-hal diluar wajar pada novel Prau Layar ing Kali Code, selanjutnya semoga penelitian ini dapat bermanfaat dalam menambah referensi berkaitan dengan penelitian tentang kajian fiksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur, unsur pembangun novel, Prau Layar ing Kali Code
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Mar 2020 13:24
Last Modified: 26 Mar 2020 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35325

Actions (login required)

View Item View Item