KEBAHAGIAAN ANAK PRASEKOLAH (STUDI DI TK PELANGI NUSANTARA WONOSOBO DAN TK TALENTA SEMARANG)


LATIFATUN NIVA FU’ADAH , 1601414012 (2019) KEBAHAGIAAN ANAK PRASEKOLAH (STUDI DI TK PELANGI NUSANTARA WONOSOBO DAN TK TALENTA SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEBAHAGIAAN ANAK PRASEKOLAH (STUDI DI TK PELANGI NUSANTARA WONOSOBO DAN TK TALENTA SEMARANG)]
Preview
PDF (KEBAHAGIAAN ANAK PRASEKOLAH (STUDI DI TK PELANGI NUSANTARA WONOSOBO DAN TK TALENTA SEMARANG)) - Published Version
Download (927kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pematangan emosional anak. Melalui emosi, anak akan belajar menempatkan emosinya sesuai pada situasi yang dialami. Dalam hal ini, anak akan menerima informasi tentang banyak hal yang didapat dari lingkungan sekitar. Maka, perlu adanya pemahaman emosi bagi orang dewasa dalam membantu anak untuk dapat menstabilkan emosi mereka terhadap berbagai situasi. Oleh sebab itu, apabila anak sedang berada dalam suasana hati yang positif maka anak akan mengeskpresikannya dalam bentuk emosi positif. Sebaliknya, jika anak sedang dalam suasana hati yang tidak menyenangkan maka ia akan mengekspresikannya dalam bentuk emosi negatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis komparasi, yaitu melakukan perbandingan antara dua kelompok dalam satu variabel. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu anak prasekolah di TK Pelangi Nusantara Wonosobo yang berjumlah 32 anak dan TK Talenta Semarang berjumlah 30 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan teknik stratified random sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan face scale (skala wajah), 12 gambar sumber kebahagiaan dan skala emosi. Teknik analisis data menggunakan Mann-Whitney. Hasil uji mann-whitney face scale (skala wajah) (Sig. 0,515), 12 gambar sumber kebahagiaan (Sig. 0,113) dan skala emosi (Sig. 0,547). Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan antara kebahagiaan berdasarkan aspek kognitif maupun afektif pada anak prasekolah di TK Pelangi Nusantara Wonosobo dan TK Talenta Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebahagiaan Anak Prasekolah, TK Pelangi Nusantara Wonosobo, TK Talenta Semarang.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 24 Mar 2020 19:10
Last Modified: 24 Mar 2020 19:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35321

Actions (login required)

View Item View Item