IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH BERINTEGRITAS DI SMP N 2 KOTA PEKALONGAN


KARYONO, 0301515027 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH BERINTEGRITAS DI SMP N 2 KOTA PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_KARYONO.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Karyono. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Untuk Mewujudkan Sekolah Berintegritas Di SMP N 2 Kota Pekalongan”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Prof. Dr. Suyahmo, M.Si. dan Pembimbing II Dr. Cahyo Budi Utomo, M.Pd. Kata Kuci : Implementasi karakter, Budaya Sekolah, Pembelajaran Tesis ini membahas budaya sekolah yang dikembangkangkan, proses pembelajaran dan evalausi implementasi pendidikan karakter sehingga mencapai predikat sekolah berintegritas. Predikat sekolah berintegritas bukan hal yang mudah untuk dicapai. Sekolah yang berhasil meraih indeks integritas ujian nasional tinggi, adalah sekolah yang melaksanakan praktik pembelajaran yang telah mengelaborasi kompetensi yang harus dikuasai dan peduli terhadap pembentukan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan dan menganalisis budaya sekolah. (2) mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pendidikan karakter yang dilaksanakan guru dalam pembelajaran (3) mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi implementasi pendidikan karakter.Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 2 Kota Pekalongan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara dan studi dokumen. Sudut pandang analisis menggunakan teori habitus dari pierre bourdieu dan teori pembelajaran sosial dan revolusi kognisi dari Bandura Hasil penelitian menunjukkan sekolah berintegritas merupakan dampak dari implementasi pendidikan karakter yang dikembangkan melalui (1) budaya sekolah yang dikembangkan sebagai implementasi sekolah berpredikat berintegritas, diawali memasukan implementasi pendidikan karakter ke dalam desain kurikulum Sekolah, pembentukan tim penumbuhan budi pekerti, menyusun program budaya sekolah yang dilaksanakan dalam bentuk pembiasaan secara rutin dan memanfaatkan moment khusus. (2) pembelajaran sudah mengimplementasikan pendidikan karakter dimulai dari perencanaan pembelajaran, implementasi pembelajaran dan evaluasi. (3) Evaluasi implementasi pendidikan karakter telah dilakukan secara periodik. Sasaran evaluasi menyangkut pelaksanaan program pendidikan karakter, proses pembelajaran di kelas termasuk proses penilaian yang dilaksanakan dan melihat perbandingan nilai rata-rata raport dengan nilai ujian nasional. Evaluasi telah dilaksanakan untuk melihat faktor pendukung dan kendala pelaksanaan implementasi pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi karakter, Budaya Sekolah, Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 20 Mar 2020 17:58
Last Modified: 20 Mar 2020 17:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35316

Actions (login required)

View Item View Item