TRANSFORMASI BENTUK ESTETIK KAIN SONGKET PALEMBANG DALAM MEMENUHI PERMINTAAN PASAR


FITRI WIJAYANTI, 0204517052 (2019) TRANSFORMASI BENTUK ESTETIK KAIN SONGKET PALEMBANG DALAM MEMENUHI PERMINTAAN PASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_FITRI_WIJAYANTI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Wijayanti, Fitri. 2019. Transformasi Bentuk Estetik Kain Songket Palembang Dalam Memenuhi Permintaan Pasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Seni S2, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Tjetjep Rohendi Rohidi, M.A, Pembimbing II Dr. Triyanto, M.A. (i-xiv, 1-175 halaman). Kata Kunci: Kain Songket Palembang, Karakteristik songket Palembang klasik, Transformasi Bentuk Estetis Kain Songket. Tesis ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik kain songket Palembang klasik dan perubahan bentuk estetitik kain songket Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan interdisiplin dengan melibatkan disiplin ilmu Estetika Seni, ilmu sosial, dan ilmu ekonomi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Tekhnik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan studi dokumen. Sedangkan tekhnik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Tekhnik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan; Pertama, karakteristik kain songket klasik Palembang terlihat pada warna emas dan warna merah tua, bahan yang digunakan berupa benang sutra dan kawat benang berlapis emas, motif naga besaung, bintang berakam, nampan perak dan bungo jatuh sebagai motif pokok pada kain songket. Kedua, Tranformasi bentuk estetik yang terjadi pada kain songket Palembang, dikarenakan adanya pemenuhan permintaan pasar. Perubahan yang terjadi terletak pada, 1) cara pengolahan dengan alat bantu mesin pencetak kain songket, dan dari aspek visualnya terletak pada bahan dasar yang digunakan serta pengembangan warna, 2) warna kain songket modern banyak menggunakan warna tembaga, perak, biru, hijau, ungu, toska, merah dan merah muda, 3) motif pada Songket modern banyak mengalami variasi, diantaranya limar cantik manis, lepus nampa perak modern, lepus nago besaung modern, limar nago besaung, dan lepus bintang berante. Saran bagi masyarakat Sumatera Selatan kain songket Palembanng sebaikanya dijadikan sebagai materi pembelajaran di sekolah. Seni kerajian tangan kain songket sebagai materi pembelajaran berarti siswa akan mempelajari bentuk visual dan makna yang terkandung di dalamnya. Sementara didalam galeri songket, pengrajin seharusnya menjelaskan nama ragam motif yang digunakan dalam songket Palembang yang akan di praktikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kain Songket Palembang, Karakteristik songket Palembang klasik, Transformasi Bentuk Estetis Kain Songket.
Subjects: L Education > Special Education > Art education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 20 Mar 2020 15:11
Last Modified: 20 Mar 2020 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35313

Actions (login required)

View Item View Item