KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MODEL KREATIF PRODUKTIF DAN MODEL SUGESTI IMAJINASI BERDASARKAN KREATIVITAS VERBAL PADAPESERTA DIDIK KELAS XI SMK


MUHAMMAD MISHBAKHUL HUDA, 0202516033 (2019) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MODEL KREATIF PRODUKTIF DAN MODEL SUGESTI IMAJINASI BERDASARKAN KREATIVITAS VERBAL PADAPESERTA DIDIK KELAS XI SMK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_MUHAMMAD_MISHBAKHUL_HUDA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Huda, Muhammad Mishbakhul. 2019. “Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerita Pendek dengan Model Kreatif Produktif dan Model Sugesti Imajinasi Berdasarkan Kreativitas Verbal pada Peserta Didik Kelas XI SMK”. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra indonesia. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Ida Zulaeha, M. Hum., Pembimbing II Dr. Mukh Doyin, M, Si. Kata Kunci: menulis cerita pendek, model kreatif produktif, model sugesti imajinasi, kreativitas verbal. Aktivitas menulis merupakan suatu kegiatan untuk mengekspresikan diri dan perasaan. Pembelajaran menulis cerita pendek merupakan salah satu materi yang terdapat dalam silabus kelas XI SMK. Menulis cerita pendek adalah proses menulis kreatif berupa cerita fiksi yang mengisahkan satu peristiwa kehidupan yang dialami tokoh dengan masalah tunggal dan alur yang sederhana. Pembelajaran menulis cerita pendek diperlukan penerapan model pembelajaran. Dalam penelitian ini model yang digunakan adalah model kreatif produktif dan model sugesti imajinasi. Selain itu, perlu adanya variabel moderator. Variabel moderator yang digunakan adalah kreativitas verbal. Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan keefektifan pembelajaran menulis cerita pendek menggunakan model kreatif produktif berdasarkan kreativitas verbal pada peserta didik kelas XI SMK; (2) menjelaskan keefektifan pembelajaran menulis cerita pendek dengan model sugesti imajinasi berdasarkan kreativitas verbal pada peserta didik kelas XI SMK; (3) menjelaskan perbedaan keefektifan pembelajaran menulis cerita pendek model kreatif produktif dan model sugesti imajinasi berdasarkan kreativitas verbal pada peserta didik kelas XI SMK. Desain penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen. Terdapat tiga variabel dalam penelitian ini, yaitu variabel terikat (menulis cerita pendek), variabel bebas (model kreatif produktif dan model sugesti imajinasi), dan variabel moderator (kreativitas verbal peserta didik). Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI SMK pada tahun ajaran 2017/2018 di Kabupaten Pati. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling (sampel bertujuan) yaitu kelas XI Multimedia 1 SMK N 2 Pati sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI Multimedia 1 SMK Tunas Harapan Pati sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan tekni nontes. Teknik analisis data menggunakan uji independent dan uji anova.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: menulis cerita pendek, model kreatif produktif, model sugesti imajinasi, kreativitas verbal.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 17 Mar 2020 19:14
Last Modified: 17 Mar 2020 19:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35299

Actions (login required)

View Item View Item