PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING “SiMAJa” BERBASIS ANDROID BERHURUF JAWA


Victory Arrofiq, 2601412100 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING “SiMAJa” BERBASIS ANDROID BERHURUF JAWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING “SiMAJa” BERBASIS ANDROID BERHURUF JAWA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING “SiMAJa” BERBASIS ANDROID BERHURUF JAWA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Aksara Jawa merupakan aksara asli dalam penulisan bahasa Jawa, artinya bahasa Jawa akan lebih mudah dipelajari jika dituliskan dalam aksara Jawa. Kondisi aksara Jawa saat ini hanya sebatas pengetahuan formal di sekolah, tanpa diikuti penggunaan lanjutan di dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan aksara Jawa sebagai media dalam menulis karya sastra berbahasa Jawa juga hampir tidak ditemukan lagi. Saat ini dibutuhkan sebuah media yang memudahkan siswa ketika ingin mempelajari aksara Jawa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kebutuhan siswa terhadap media mobile learning “SiMAJa” berbasis android berhuruf Jawa, (2) menyusun prototype media mobile learning “SiMAJa”, (3) mendeskripsikan hasil uji validasi media mobile learning “SiMAJa”. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Langkah penelitian mencangkup tahap identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan informasi dan studi literatur, rancangan produk, validasi desain, revisi desain, pembuatan produk, uji coba terbatas. Sumber data penelitian meliputi siswa, guru, dan ahli materi serta ahli media. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan media mobile learning “SiMAJa” berbasis android berhuruf Jawa. Data menunjukkan 68 % siswa menginginkan dikembangkannya aplikasi SiMAJa sebagai salah satu inovasi media pembelajaran membaca aksara Jawa yang lebih menarik dan lebih memudahkan mereka dalam mempelajari aksara Jawa. Para guru juga membutuhkan media yang menarik perhatian dan memudahkan siswa dalam memahami materi membaca huruf Jawa. Berdasarkan kebutuhan siswa dan guru dilakukan pengembangan media mobile learning “SiMAJa” berbasis android berhuruf Jawa. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa dari skor maksimal 100%, skor rata-rata yang diberikan adalah 78,57% yang berarti baik. Skor rata-rata yang didapat dari hasil validasi media adalah 83,33%, yang berarti sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan adalah (1) hendaknya guru menggunakan media mobile learning “SiMAJa” berbasis android berhuruf Jawa sebagai salah satu alternatif media dalam pembelajaran membaca huruf Jawa, agar pembelajaran yang dilakukan lebih efektif dan (2) perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai media mobile learning “SiMAJa” berbasis android berhuruf Jawa untuk menguji keefektifan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media, mobile learning, huruf Jawa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Mar 2020 19:08
Last Modified: 17 Mar 2020 19:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35298

Actions (login required)

View Item View Item