EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DAN HOTS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD (Studi Empiris Pada Siswa SD Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes)


LENA CENDRAWATI , 0103517073 (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DAN HOTS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD (Studi Empiris Pada Siswa SD Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_LENA_CENDRAWATI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Lena Cendrawati. 2019. “Efektivitas Pembelajaran Saintifik Berbasis Pemecahan Masalah dan HOTS untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD (Studi Empiris Pada Siswa SD Kec. Bulakamba Kab. Brebes)”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar PGSD. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Agus Wahyudin, M.Si, dan Pembimbing II Dr. Eko Handoyo, M.Si Kata Kunci: Pembelajaran Saintifik, Hasil Belajar, Motivasi Belajar. Motivasi dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Ironisnya beberapa hasil penelitian justru menunjukkan rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar dikarenakan kaitannya guru dalam mengelola model pembelajaran. Guru masih mengelola kelas secara konvensional, dan dominan menggunakan ceramah, sehingga siswa tidak dapat menerima dan mengaplikasikan pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Efektivitas Pembelajaran Saintifik Berbasis Pemecahan Masalah dan HOTS dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas IV SD. Menganalisis regresi antara motivasi dengan hasil belajar siswa. Menganalisis dampak penerapan media terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan teori deduktif. Penelitian yang digunakan menggunakan penelitian jenis studi pengujian hipotesis (Hipothesis study), merupakan kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau ingin menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip prinsip umum. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T Test, Paired Sample T-Test dan regresi. Sampel diambil dari SD Kluwut 02 dan SD Grinting 01 dari dua rombel yang berbeda untuk masing-masing sekolah. Masing-masing akan diberikan pembelajaran satu kelas dengan model konvensional dan satu kelas dengan menggunakan pendekatan saintifik berbasis pemecahan dan HOTS. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar secara signifikan. Diperoleh peningkatan rata-rata skor motivasi belajar sebesar 4,86% dan hasil belajar sebesar 39,4%. Motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan besar pengaruh 24,55%. Peserta didik merespons sangat baik terhadap pembelajaran. Pembelajaran Tema 8 Sub Tema 3 dengan model pembelajaran saintifik berbasis pemecahan masalah dan HOTS efektif dan direkomendasikan untuk dapat diterapkan di Sekolah Dasar. Simpulan penelitian adalah terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik, serta terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran Tema 8 Sub Tema 3 dengan model pembelajaran saintifik berbasis pemecahan masalah dan HOTS.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Scientific Learning, Learning Outcomes, Learning Motivation
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 17 Mar 2020 18:59
Last Modified: 17 Mar 2020 18:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35297

Actions (login required)

View Item View Item