PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBAHASA JAWA SMP CERITA RAKYAT CANDI GEDUNG SONGO


Ria Marcella Candra Dewi , 2601412066 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBAHASA JAWA SMP CERITA RAKYAT CANDI GEDUNG SONGO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBAHASA JAWA SMP CERITA RAKYAT CANDI GEDUNG SONGO]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBAHASA JAWA SMP CERITA RAKYAT CANDI GEDUNG SONGO) - Published Version
Download (729kB) | Preview

Abstract

Buku pengayaan atau buku bacaan berbahasa Jawa yang ada disekolahan jumlahnya masih terbatas, khususnya buku bacaan berbahasa Jawa lokal. Buku pengayaan cerita rakyat yang digunakan sebagai sarana penunjang dalam proses pembelajaran banyak sekali ditemukan berasal dari daerah lain, sedangkan kebudayaan cerita rakyat didaerahnya sendiri masih banyak yang belum diketahui oleh peserta didik. Adaanya pengembangan buku pengayaan cerita rakyat Candi Gedung Songo diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan apresiasi siswa terhadap sastra. Berdasarkan uraian diatas, permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja kebutuhan guru dan siswa mengenai buku pengayaan berbahasa Jawa SMP cerita rakyat Candi Gedung Songo dan begaimana bentuk prototipe pengembangan buku pengayaan tersebut. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan mengenai kebutuhan guru dan siswa terhadap buku pengayaan berbahasa Jawa SMP cerita rakyat Candi Gedung Songo dan mengembangkan buku pengayaan Berbahasa Jawa SMP cerita rakyat Candi Gedung Songo. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development(R&D) yang dimana terdapat lima tahapan yaitu (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi dosen, (5) revisi desain. Data dari penelitian ini adalah data kebutuhan dan data validasi uji ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket kebutuhan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknil deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah buku pengayaan ccerita rakyat yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Penelitian ini mengembangkan buku pengayaan berbahasa Jawa SMP cerita rakyat Candi Gedung Songo. Buku pengayaan ini disertai dengan gambar ilustrasi dan diberi warna yang menarik. Prototipe buku pengayaan ini kemudian divalidasi oleh ahli. Berdasarkan penelitian tersebut, saran yang dapat disampaikan adalah (1) bagi guru buku pengayaan berbahasa Jawa cerita rakyat dapat dijadikan sebagai referensi dalam sarana pembelajaran, (2) bagi siswa buku pengayaan berbahasa Jawa cerita rakyat ini dapat digunakan untuk menambah ilmu pengetahuan, (3) bagi penelitian lain, penelitian ini dapat digunakan untuk menguji keefektifan buku pengayaan berbahasa Jawa SMP cerita rakyat Candi Gedung Songo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, buku pengayaan, cerita rakyat, Candi Gedung Sanga.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Mar 2020 17:44
Last Modified: 17 Mar 2020 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35290

Actions (login required)

View Item View Item