KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH DENGAN MODEL BERBASIS MASALAH DAN MODEL BERBASIS PROYEK BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI


MUHAMMAD HUSAIN HAEKAL, 0202516039 (2019) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH DENGAN MODEL BERBASIS MASALAH DAN MODEL BERBASIS PROYEK BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_MUHAMMAD_HUSAIN_HAEKAL.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Haekal, Muhammad Husain. 2019. “Keefektifan Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah dengan Model Berbasis Masalah dan Model Berbasis Proyek Berdasarkan Tingkat Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI.” Tesis. Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Progam Pasacasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Ida Zualeha, M.Hum., Pembimbing II Dr. Wagiran, M.Hum. Kata Kunci: menulis cerita pendek, model berbasis masalah, model berbasis proyek, tingkat berpikir kreatif. Menulis karya ilmiah merupakan salah satu pembelajaran yang ada di sekolah kelas XI SMA/ MA. Karya ilmiah adalah sebuah tulisan atau karangan yang ditulis oleh individu atau kelompok yang membahas fakta yang objektif yang disajikan sesuai dengan metodologi penulisan yang baik dan benar serta menggunakan bahasa ragam ilmiah.. Dalam penelitian ini model yang digunakan adalah model berbasis masalah dan model berbasis proyek. Selain itu, perlu adanya variabel moderator, yaitu tingkat berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis keefektifan pembelajaran menulis karya ilmiah dengan menggunakan model berbasis masalah berdasarkan tingkat berpikir kreatif pada peserta didik kelas XI; (2) menganalisis keefektifan pembelajaran menulis karya ilmiah dengan menggunakan model berbasis proyek berdasarkan tingkat berpikir kreatif pada peserta didik kelas XI; (3) menganalisis perbedaan keefektifan pembelajaran menulis karya ilmiah dengan menggunakan model berbasis masalah dibandingkan model berbasis proyek berdasarkan tingkat berpikir kreatif pada peserta didik kelas XI. Desain penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen. Terdapat tiga variabel dalam penelitian ini, yaitu variabel terikat (menulis karya ilmiah), variabel bebas (model berbasis masalah dan model berbasis proyek), dan variabel moderator (tingkat berpikir kreatif). Populasi pada penelitian ini, yaitu peserta didik kelas XI SMA/ MA pada tahun ajaran 2018/ 2019 di Kota Jepara. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan), yaitu kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bangsri sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPS 1 MA Mathalibul Huda Mlonggo sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik tes dan nontes. Teknik analisis data akhir menggunakan uji paired sample t-tes dan uji anova.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: writing short stories, problem based models, project based models, the level of creative thinking.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 17 Mar 2020 17:33
Last Modified: 17 Mar 2020 17:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35288

Actions (login required)

View Item View Item