PITUTUR LUHUR DALAM LANGGAM KASMARAN KARYA KI WIDODO BROTOSEJATI


Hendra Setiawan , 2601412057 (2019) PITUTUR LUHUR DALAM LANGGAM KASMARAN KARYA KI WIDODO BROTOSEJATI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PITUTUR LUHUR DALAM LANGGAM KASMARAN KARYA KI WIDODO BROTOSEJATI]
Preview
PDF (PITUTUR LUHUR DALAM LANGGAM KASMARAN KARYA KI WIDODO BROTOSEJATI) - Published Version
Download (551kB) | Preview

Abstract

Langgam Kasmaran merupakan salah satu karya seniman Jawa modern bernama Ki Widodo Brotosejati yang di dalamnya mencakup delapan tembang yaitu Langgam Pagut Netra, Langgam Sutera, Langgam Ewuh Aya, Langgam sujana, Langgam Tresna Langgeng, Langgam Gedhe Rumangsa, Langgam Sih Siningit dan Lelagon Santi Swaran Mampir Ngombe. Langgam Kasmaran diciptakan oleh seorang seniman yang juga seorang pengajar di Universitas Negeri Semarang sehingga berlatar belakang kehidupan sosial budaya yang luas Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan informasi mengenai makna dalam langgam kasmaran karya Ki Widodo Brotosejati serta mengidentifikasi pitutur luhur yang terdapat dalam langgam kasmaran karya Ki Widodo Brotosejati. Pendekatan dalam penelitian ini ialah penelitian deksriptif kualitatif dimana kualitas data lebih diutamakan untuk menghasilkan penelitian yang terbukti dapat menghasilkan output atau luaran yang dapat diterima oleh masyarakat luas. Semantik pragmatik merupakan ilmu yang dapat membedah sebuah karya sastra dengan lebih objektif dan cocok untuk digunakan dalam penelitian ini. Hasil yang didapatkan dalam penelitian Pitutur Luhur Dalam Langgam Kasmaran Karya Ki Widodo Brotosejati yaitu mendapatkan pemahaman informasi dan pitutur luhur. Pemahaman informasi berisi tentang terjemahan dan juga makna setiap kata hingga membentuk sebuah tembang yang terdiri atas bawa (intro) dan dilanjutkan dengan langgam atau lagu itu sendiri. Pitutur luhur didapatkan dari makna kontekstual yang telah di identifkasi dengan bantuan terjemahan dan mendapatkan pesan dan amanat yang ada di dalam setiap lirik langgam kasmaran. Berdasarkan penelitian Pitutur Luhur dalam Langgam Kasmaran Karya Ki Widodo Brotosejati dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Langgam kasmaran banyak mengandung bahasa kias yang memungkinkan terdapat pesan dan amanat yang tersembunyi dari setiap langgam karya ki Widodo. Terdapat lima pitutur dalam album langgam kasmaran yang diperoleh oleh peneliti yaitu pitutur tentang keTuhanan, ajakan berbuat baik, nasihat untuk lembaga, pitutur kehidupan dan pitutur dalam menjalani rumah tangga. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi banyak pihak serta dapat ikut mengembangkan hasil karya tembang tradisional. Diharapkan ada penelitian lebih lanjut mengenai langgam kasmaran ataupun langgam jawa tradisonal lain baik karya Ki Widodo ataupun karya pengarang baru yang lain sehingga menambah khasanah perkembangan seni dan budaya Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Langgam Kasmaran, Semantik, Pragmatik, Pitutur Luhur
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Mar 2020 15:43
Last Modified: 17 Mar 2020 15:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35287

Actions (login required)

View Item View Item