GAYA BAHASA DALAM NOVEL DAWET AJU KARYA WIDI WIDAJAT


Ganing Sukhma Dewi Ariyani, 2601412036 (2019) GAYA BAHASA DALAM NOVEL DAWET AJU KARYA WIDI WIDAJAT. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of GAYA BAHASA DALAM NOVEL DAWET AJU KARYA WIDI WIDAJAT]
Preview
PDF (GAYA BAHASA DALAM NOVEL DAWET AJU KARYA WIDI WIDAJAT) - Published Version
Download (853kB) | Preview

Abstract

Gaya bahasa merupakan suatu ciri khas penulis dalam menuangkan ide dan gagasannya. Keberadaan gaya bahasa dalam novel membuat penulis ingin meneliti lebih dalam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah gaya bahasa yang digunakan dalam novel berbahasa Jawa Dawet Aju karya Widi Widajat meliputi diksi, struktur kalimat, dan permajasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan dalam novel berbahasa Jawa Dawet Aju karya Widi Widajat meliputi diksi, struktur kalimat dan permajasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan stilistika. Metode yang digunakan adalah metode strukturalisme. Sasaran penelitian adalah gaya bahasa yang terdapat pada novel Dawet Aju di antaranya diksi, struktur kalimat dan permajasan. Data dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk gaya bahasa yang terdapat dalam novel Dawet Aju. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Dawet Aju karya Widi Widajat cetakan tahun 1964. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kartu data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik heuristik dan hermeneutik. Hasil analisis yang dilakukan terhadap novel Dawet Aju karya Widi Widajat terdapat diksi (pilihan kata), struktur kalimat dan permajasan. Analisis penelitian terdapat bentuk pemanfaat bahasa daerah berjumlah 5, pemanfaatan bahasa Indonesia berjumlah 6, pemanfaatan bahasa Inggris berjumlah 4, pemanfaatan bahasa Arab berjumlah 1. Bentuk strukstur kalimat yang ada dalam analisis ini meliputi : 1) frase endosentrik dan frase eksosentrik yang berjumlah 3, 2) bentuk klausa yang berjumlah 6, 3) klasifikasi kalimat berdasarkan jumlah klausa berjumlah 2, 4) klasifikasi kalimat berdasarkan struktur klausa berjumlah 4, 5) klasifikasi kalimat berdasarkan amanat wacana berjumlah 4, 6) klasifikasi kalimat berdasarkan perwujudan kalimat berjumlah 6. Bentuk permajasan dalam analisis ini meliputi : 1) majas anthitesis, 2) majas paradoks, 3) majas oksimoron, 4) majas kontradiksi interminus, 5) majas metafora, 6) majas simile, 7) majas alegori, 8) majas hipokorisme, 9) majas repetisi, 10) majas aliterasi, 11) majas alonim, 12) majas eklamasio, 13) majas sarkasme, dan 14) majas sinisme.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya bahasa, stilistika, majas, novel
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Mar 2020 15:39
Last Modified: 17 Mar 2020 15:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35286

Actions (login required)

View Item View Item