PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN GENDHISDALAM MEMAHAMI DAN MENULIS ISI TEKS CERITA MAHABHARATA KELAS X SMA DI SLAWI
Nuruly Rahmawati Khasanah , 2601412023 (2019) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN GENDHISDALAM MEMAHAMI DAN MENULIS ISI TEKS CERITA MAHABHARATA KELAS X SMA DI SLAWI. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN GENDHISDALAM MEMAHAMI DAN MENULIS ISI TEKS CERITA MAHABHARATA KELAS X SMA DI SLAWI)
- Published Version
Download (712kB) | Preview |
Abstract
Model yang digunakan guru dalam pembelajaran memahami dan menulis kembali isi teks cerita Mahabharata di SMA N 2 Slawi dan SMA N 3 Slawi kurang efektif. Hal tersebut dibuktikan dengan masih banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami teks cerita Mahabharata dan menuliskan kembali isi teks cerita tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa dalam pengembangan model pembelajaran Gendhis dalam pembelajaran memahami dan menulis isi teks cerita Mahabharata (Bima Bungkus) pada kelas X di Slawi. 2) memaparkan prototipedari pengembangan model pembelajran Gendhis dalam pembelajaran memahami dan menulis isi teks cerita Mahabharata pada kelas X di Slawi. 3) mengemukakan hasil validasi model pembelajaran Gendhis dalam pembelajaran memahami dan menulis isi teks cerita Mahabharata pada kelas X di Slawi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2 Slawi dan SMA N 3 Slawi serta guru yang mengampu mata pelajaran bahasa Jawa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaberdasarkan angket kebutuhan siswa, 76,7% siswa mengakui membutuhkan model pembelajaran Gendhis, dan berdasarkan wawancara kebutuhan guru, guru menyatakan menghendaki model pembelajaran Gendhis.Sintaks model pembelajaran Gendhis meliputi enam langkah yaitu 1) pemberian materi mengenai cerita Mahabharata berjudul Bima Bungkus, 2) permainan media Gendhis bagian susun gambar, 3) permainan media Gendhis bagian tebak cerita di balik gambar, 4) permainan media Gendhis bagian bercerita, 5) permainan media Gendhis bagian tulis, dan terakhir 6) evaluasi pembelajaran. Validator dan pengguna menyatakan bahwa model pembelajaran Gendhis layak digunakan sebagai model pembelejaran di kelas. Validator dan pengguna juga menyarankan untuk memperbaiki perangkat pembelajaran bagian materi dan langkah-langkah pembelajaran sehingga sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Saran lain diberikan untuk memperbaiki kualitas dan ukuran media pembelajaran sehingga efektif dan efisien digunakan oleh guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar model pembelajaran Gendhis ini diuji cobakan untuk mengetahui keefektifan model Gendhis dalam pembelajaran memahami dan menulis kembali isi teks cerita Mahabharata di sekolah
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bima Bungkus; Model Pembelajaran; Gendhis |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 15:36 |
Last Modified: | 17 Mar 2020 15:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35285 |
Actions (login required)
View Item |