PEMBELAJARAN PIANO KLASIK DENGAN METODE FABER DAN RELEVANSINYA DALAM MENINGKATKAN MINAT ANAK DI PURWACARAKA MUSIC STUDIO (PCMS) PURWOKERTO
Nur Aini Putri Utami , 2501415121 (2019) PEMBELAJARAN PIANO KLASIK DENGAN METODE FABER DAN RELEVANSINYA DALAM MENINGKATKAN MINAT ANAK DI PURWACARAKA MUSIC STUDIO (PCMS) PURWOKERTO. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PEMBELAJARAN PIANO KLASIK DENGAN METODE FABER DAN RELEVANSINYA DALAM MENINGKATKAN MINAT ANAK DI PURWACARAKA MUSIC STUDIO (PCMS) PURWOKERTO)
- Published Version
Download (614kB) | Preview |
Abstract
Siswa piano klasik Grade Preparatory di Purwacaraka Music Studio (PCMS) Purwokerto mampu memenangkan kompetisi piano klasik yang telah diikuti. Salah satunya adalah siswa piano klasik mendapat juara 1 untuk kategori B, dan 2 untuk kategori C pada “Purwacaraka Piano Competition”. Dari hasil observasi, metode yang digunakan dalam pembelajaran piano klasik adalah metode faber dengan menerapkan metode ceramah, metode tanya jawab dan metode latihan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penulis ingin mengetahui tentang metode faber dan mendiskripsikan tentang penerapan serta relevansi dalam meningkatkan minat anak dalam pembelajaran piano klasik di PCMS Purwokerto. Pendekatan penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumen. Metode pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode faber dalam pembelajaran piano klasik di PCMS Purwokerto hanya digunakan pada tingkat pemula (Grade Preparatory). Pengggunaan metode faber dalam meningkatkan minat anak pada pembelajaran piano klasik di PCMS Purwokerto cukup relevan karena metode faber merupakan metode yang dirancang khusus bagi anak-anak. Dalam buku pembelajarannya banyak dimunculkan gambar, warna, dan simbol-simbol yang menarik perhatian anak. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru piano klasik sesuai dengan pedoman yang tertera pada buku-buku faber. Tetapi dalam penggunaan metode ceramah, metode tanya jawab dan metode latihan (drill), kerelevansian dalam meningkatkan minat anak hanya terjadi pada saat guru menerangkan dengan menggunakan metode ceramah. Untuk metode tanya jawab dan metode latihan (drill) kurang relevan dalam meningkatkan minat anak untuk mengikuti pembelajaran piano klasik. Metode tanya jawab dan metode latihan (drill) kurang sesuai untuk pembelajaran piano klasik pada tingkat Preparatory A karena siswa lebih senang pembelajaran dengan berdongeng dan bermain. Oleh sebab itu perlu dikembangkan lagi kreatifitas guru dalam penerapan metode pembelajaran pada siswa piano klasik tingkat Pemula A.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode, pembelajaran, piano klasik |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 12:20 |
Last Modified: | 17 Mar 2020 12:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35281 |
Actions (login required)
View Item |