IMPLEMENTASI TEORI HARMONI PADA PEMBELAJARAN KEYBOARD BAGI KELAS PEMULA DI NUNGKY MUSIC SCHOOL TLOGOSARI SEMARANG


Yohana Ade Liasari , 2501415105 (2019) IMPLEMENTASI TEORI HARMONI PADA PEMBELAJARAN KEYBOARD BAGI KELAS PEMULA DI NUNGKY MUSIC SCHOOL TLOGOSARI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI TEORI HARMONI PADA PEMBELAJARAN KEYBOARD BAGI KELAS PEMULA DI NUNGKY MUSIC SCHOOL TLOGOSARI SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI TEORI HARMONI PADA PEMBELAJARAN KEYBOARD BAGI KELAS PEMULA DI NUNGKY MUSIC SCHOOL TLOGOSARI SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Belajar bermusik merupakan sebuah proses dimana seseorang ingin mengekspresikan dirinya melalui melodi dan harmoni. Seperti halnya bermain keyboard, siswa akan memerlukan teori harmoni untuk menguasai akor. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana mengimplementasikan teori harmoni pada pembelajaran keyboard bagi kelas pemula di Nungky Music School Semarang. Manfaat dari penelitian ini secara teoritis adalah untuk rujukan bagi penelitian selanjutnya terkait implementasi teori harmoni dalam pembelajaran keyboard bagi kelas pemula. Manfaat dari penelitian ini secara praktis adalah dapat memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pergerakan akor dalam teknik bermain keyboard, memberikan pemahaman pada guru mengenai cara menyampaikan materi akor dengan mengimplementasikan teori harmoni, serta memberikan acuan bagi sekolah musik bagian kurikulum dalam penyusunan materi terkait pergerakan akor dengan menambahkan teori harmoni. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan musikologi dan pendekatan pedagogik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Penelitian ini dianalisis dengan reduksi data, display data, serta verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya implementasi teori harmoni pada pembelajaran keyboard bagi kelas pemula di Nungky Music School Semarang. Hal ini dapat diwujudkan dengan: 1.) melatih imajinasi siwa mengenai terbentuknya akor G7 pada lagu “Tug of War; 2) melatih kemampuan motorik siswa dengan memainkan melodi dan akor pada lagu “Tug of War” dimana terdapat teori harmoni pada pergerakan akor yaitu peraturan VI A dalam pergerakan akor I menuju akor V7 serta terdapat teori kadens sempurna dan kadens setengah sempurna pada progresi akor diawal dan akhir lagu; 3) melatih keterampilan bermain siswa dengan mengajak siswa untuk memvariasikan melodi dan akor yang telah dipelajari dengan memberi iringan dan isian instrumen yang telah tersedia pada keyboard sehingga dapat menjadikan lagu “Tug of War” menarik. Simpulan dari penelitian ini adalah teori harmoni dapat diimplementasikan pada pembelajaran keyboard bagi pemula dengan : 1.) melatih imajinasi siswa; 2.) melatih kemampuan motorik; 3.) melatih keterampilan bermain. Saran dapat diberikan bagi: 1.) lembaga kursus lain yang sama – sama memberikan pembelajaran keyboard agar sebaiknya menggunakan teori harmoni dalam pembelajaran akor sehingga materi dapat ditangkap oleh siswa dengan baik dan benar: 2.) Instruktur keyboard di Nungky Music School agar lebih mengemas materi akor dengan mengimplementasikan teori harmoni secara jelas dan menggunakan tata bahasa yang dapat dipahami oleh siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, teori harmoni, pembelajaran keyboard, pemula
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Mar 2020 12:07
Last Modified: 17 Mar 2020 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35277

Actions (login required)

View Item View Item