PENGARUH POLA ASUH TERHADAP KECERDASAN MORAL ANAK USIA DINI DITINJAU DARI PENGASUHAN ANTARA NENEK, ASISTEN RUMAH TANGGA, DAN PENGASUH DAYCARE


FALAKHUL AULIYA, 0108517019 (2019) PENGARUH POLA ASUH TERHADAP KECERDASAN MORAL ANAK USIA DINI DITINJAU DARI PENGASUHAN ANTARA NENEK, ASISTEN RUMAH TANGGA, DAN PENGASUH DAYCARE. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_FALAKHUL_AULIYA.pdf] PDF - Published Version
Download (13MB)

Abstract

Auliya, Falakhul. 2019. “Pengaruh Pola Asuh terhadap Kecerdasan Moral Anak Usia Dini ditinjau dari Pengasuhan antara Nenek, Asisten Rumah Tangga, dan Pengasuh Daycare”. Tesis. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Ali Sunarso, M.Pd., Pembimbing II Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto, S.Psi, M.A., D.Sc. Kata Kunci: pola asuh, kecerdasan moral, non-parental Seorang anak tidak hanya membutuhkan kecerdasan dalam bidang akademik. Anak juga membutuhkan kecerdasan dalam berinteraksi dengan lingkungan sosialnya sesuai dengan normal moral yang berlaku di masyarakat. Kecerdasan moral sebaiknya dibina pada anak sejak usia dini dengan memperhatikan pengetahuan, perasaan, dan perilaku moral. Idealnya seorang anak mendapatkan pendidikan moral dari kedua orangtuanya, namun adanya kondisi pekerjaan menyebabkan pengasuhan yang dilakukan oleh orangtua juga dilakukan oleh pengasuh anak. Di Indonesia pengasuhan anak biasanya dilakukan oleh nenek, asisten rumah tangga, dan pengasuh daycare. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola asuh terhadap kecerdasan moral anak usia dini ditinjau dari pengasuhan antara nenek, asisten rumah tangga, dan pengasuh daycare. Sebanyak 178 anak usia 5-6 tahun (83 anak perempuan dan 95 anak lakilaki) di Kota Semarang yang telah bersedia dan mendapat persetujuan dari orangtua, terlibat dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode campuran sekuensial eksplanatori, yang diawali dengan pengumpulan dan analisis data kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan dan analisis data kualitatif. Skor kecerdasan moral anak diperoleh melalui storytelling test yang dilakukan oleh peneliti secara lisan. Sedangkan skor pola asuh diperoleh melalui kuesioner menggunakan instrumen parenting style dimensions questionnaire. Pengumpulan data kualitatif menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data kuantitatif menggunakan bantuan aplikasi PROCESS SPSS 20.0 for windows. Analisis data kualitatif menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh berpengaruh terhadap kecerdasan moral anak usia dini di Kota Semarang. Namun pengaruh pola asuh terhadap kecerdasan moral tidak dimoderatori oleh pengasuhan yang dilakukan oleh nenek, asisten rumah tangga, dan pengasuh daycare. Kecerdasan moral anak yang diasuh oleh nenek, asisten rumah tangga, dan pengasuh daycare tidak berbeda secara signifikan. Pola asuh nenek, asisten rumah tangga, dan pengasuh daycare dalam mengajarkan moral menggunakan contoh.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: parenting, moral intelligence, non-parental
Subjects: L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 16 Mar 2020 17:38
Last Modified: 16 Mar 2020 17:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35268

Actions (login required)

View Item View Item