IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKATIF, KOLABORATIF, BERPIKIR KRITIS, DAN KREATIF SISWA SMA


AHMAD SLAMET RIYADI, 0402516007 (2019) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKATIF, KOLABORATIF, BERPIKIR KRITIS, DAN KREATIF SISWA SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_AHMAD_SLAMET_RIYADI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Riyadi, A.S. 2019. Implementasi Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Komunikatif, Kolaboratif, Berpikir Kritis, dan Kreatif Siswa SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Konsentrasi Biologi. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Siti Alimah S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr. Sigit Saptono M.Pd. Kata Kunci: Project based learning, komunikatif, kolaboratif, berpikir kritis, kreatif, Implementasi Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi model PjBL dalam pembelajaran biologi terhadap kemampuan komunikatif, kolaboratif, berpikir kritis, dan kreatif siswa SMA pada materi Struktur dan Cara Hidup Bakteri beserta Peranannya dalam Kehidupan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain PreExperimental. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 13 Semarang dan MA Nurussalam Semarang dengan jumlah siswa 36 siswa dan 9 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk mengukur kemampuan komunikatif, kolaboratif dan kreatif sedangkan tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik standar kriteria dan N-gain. Teknik standar kriteria untuk mengukur kemampuan komunikatif, kolaboratif dan kreatif sedangkan N-gain untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menyatakan bahwa; a) Rata-rata persentase skor kemampuan komunikatif kelas X IPA 2 SMA Negeri 13 Semarang adalah 69,8 % dan rata-rata persentase skor kelas X IPA MA Nurussalam adalah 69,1 %. b) Rata-rata persentase skor kemampuan kolaboratif kelas X IPA 2 SMA Negeri 13 Semarang adalah 71,6 % dan ratarata persentase skor kemampuan kolaboratif kelas X IPA MA Nurussalam adalah 71,0 %. c) Pada tes pertama, rata-rata persentase skor kemampuan berpikir kritis kelas X IPA 2 SMA Negeri 13 Semarang adalah 62,9% dan rata-rata persentase skor kelas X IPA MA Nurussalam adalah 78,3% . Pada tes kedua, rata-rata persentase skor kemampuan berpikir kritis kelas X IPA 2 SMA Negeri 13 Semarang adalah 75,1% dan rata-rata persentase skor kemampuan berpikir kritis kelas X IPA MA Nurussalam adalah 80,0%. Kedua kelas tersebut mengalami peningkatan rata-rata persentase skor kemampuan berpikir kritis. Kelas X IPA 2 SMA Negeri 13 Semarang mengalami peningkatan sebesar 12,2% dan kelas X IPA MA Nurussalam mengalami peningkatan sebesar 1,7%. d) Rata-rata persentase skor kemampuan kreatif kelas X IPA 2 SMA Negeri 13 Semarang adalah 56,9 % dan rata-rata persentase skor kemampuan kreatif kelas X IPA MA Nurussalam adalah 58,6 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Project based learning, komunikatif, kolaboratif, berpikir kritis, kreatif, Implementasi
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 16 Mar 2020 17:19
Last Modified: 16 Mar 2020 17:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35267

Actions (login required)

View Item View Item