KARAKTER KERJASAMA MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS MODUL BERMUATAN BUDAYA LOKAL BERPENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI MATEMATIKA


NUR LAESIYAH FITRIYANTI , 0103516063 (2019) KARAKTER KERJASAMA MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS MODUL BERMUATAN BUDAYA LOKAL BERPENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI MATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_NUR_LAESIYAH_FITRIYANTI.pdf] PDF - Published Version
Download (21MB)

Abstract

Fitriyanti, Nur Laesiyah. 2019. “Karakter Kerjasama melalui Pendampingan Berbasis Modul Bermuatan Budaya Lokal Berpendekatan Realistik untuk Mengembangkan Literasi Matematika”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. YL Sukestiyarno, M.S., Ph.D., Pembimbing II Dr. Nur Karomah Dwidayati., M.Si. Kata Kunci: Kerjasama, Modul, Literasi Matematika Modul bermuatan budaya lokal berpendekatan realistik adalah bahan belajar cetak yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 yang difokuskan pada materi perkalian pecahan biasa, campuran, dan desimal dengan dikemas dalam bentuk cerita petualangan matematika. Pembentukan karakter siswa menjadi acuan dalam pembuatan modul yang mengembangkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengembangkan modul bermuatan budaya lokal berpendekatan realistik yang dirancang sesuai kebutuhan siswa SD dalam pendampingan belajar untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika ditinjau dari karkater kerjasama siswa; (2) menguji implementasi modul dalam pendampingan belajar hingga mencapai efektif. Desain penelitian dan pengembangan dengan tahap 4D Thiagaranjan (1974) yang dimodifikasi hanya sampai tahap pengembangan dengan uji terbatas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dan guru kelas SDN Kendal Serut 02, Pangkah, Tegal. Variabel penelitian ini adalah karakter kerjasama dan kemampuan literasi matematika. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, pengamatan, angket, portofolio tugas, dan tes tertulis yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penilaian kelayakan dilakukan oleh validator ahli media dan materi serta uji kepraktisan dilakukan dengan melihat respon siswa dan guru. Uji keefektifan modul dilakukan dengan design penelitian praeksperimental untuk melihat ketuntasan belajar, peningkatan nilai, serta pengaruh. Teknik analisis data dengan paired samplet t test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul bermuatan budaya lokal berpendekatan realistik mendapat kriteria penilaian sangat baik dari ahli materi dan media, serta dinilai praktis karena memperoleh kriteria sangat baik oleh siswa dan guru. Analisis karakter kerjasama menunjukkan bahwa pemerolehan skor sebesar 76,195 yang masuk dalam kategori mulai berkembang. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah penerapan modul melalui pendampingan, serta adanya pengaruh antara variabel kerjasama terhadap kemampuan literasi matematika. Selain itu, mencapai ketuntasan KKM = 65.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Collaboration, Module, Mathematics Literacy.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 16 Mar 2020 16:22
Last Modified: 16 Mar 2020 16:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35266

Actions (login required)

View Item View Item