PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DI INSTITUT AGAMA HINDU NEGERI TAMPUNG PENYANG PALANGKA RAYA
I PUTU WIDYANTO, 0101615006 (2019) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DI INSTITUT AGAMA HINDU NEGERI TAMPUNG PENYANG PALANGKA RAYA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Widyanto, I Putu. 2019. Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Saintifik di Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya. Disertasi. Program Studi Manajemen Kependidikan. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Promotor Prof. Dr. H. Achmad Slamet, M.Si., Kopromotor Prof.Dr. Haryono, M. Psi., Anggota Promotor Dr. Titi Prihatin, M.Pd. Kata Kunci : manajemen pembelajaran, pembelajaran saintifik, pembelajaran berbasis masalah Pelaksanaan manajemen pembelajaran program studi pendidikan agama Hindu di IAHN-TP Palangka Raya tidak sesuai dengan Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang SNPT. Penelitian bertujuan (1) menganalisis model faktual manajemen pembelajaran pada program studi pendidikan agama Hindu di IAHNTP Palangka Raya; (2) menganalisis model hipotetik manajemen pembelajaran saintifik pada program studi pendidikan agama Hindu di IAHN-TP Palangka Raya; (3) menganalisis model final manajemen pembelajaran saintifik pada program studi pendidikan agama Hindu di IAHN-TP Palangka Raya. Desain penelitian, Research & Development yang dikembangkan oleh Borg & Gall dan dikelompokan menjadi tiga kelompok oleh Samsudi terdiri dari studi pendahuluan, pengembangan dan evaluasi. Hasil penelitian, (1) RPS tidak dievaluasi, capaian pembelajaran pada aspek pengetahuan dan evaluasi hasil belajar dengan penilaian nonotentik. (2) evaluasi perangkat pembelajaran dan RPS oleh tim prodi dan penjamin mutu, implementasi pembelajaran dengan PBM serta melaksanakan evaluasi pembelajaran. (3) berdasarkan uji efektivitas model pada perkembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan dengan nilai sig masing-masing sebesar 0.00 < 0.05 menunjukan model efektif dalam meningkatkan kemampuan sikap, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dan berdasarkan TAM menunjukan bahwa model mendapatkan penerimaan cukup tinggi dari pengguna. Kesimpulan penelitian, (1) perencanan, pelaksanaan, dan pengawasan pembelajaran belum sesuai dengan Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang SNPT; (2) implementasi manajemen pembelajaran saintifik menggunakan strategi PBM dengan tahapan mengamati, menanya, menerapkan, menganalisis, mengevaluasikan dan kreatif menemukan solusi pemecahan masalah; (3) model final efektif dalam meningkatkan kemampuan sikap, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dan mendapatkan penerimaan cukup tinggi dari pengguna. Saran, lembaga pendidikan agar memberikan pelatihan dan menerbitkan panduan kepada dosen. Dosen membuat objek pengamatan lebih dari satu untuk satu tema dan mempersiapkan jawaban sementara dari tahapan pembelajaran berbasis masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning management, scientific learning, problem-based learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Education Management |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 15:34 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 15:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35264 |
Actions (login required)
View Item |