STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MUSIK REBANA DI RA NAHDLATUS SHIBYAN KABUPATEN JEPARA


Ayu Fitria Arliyanti , 2501415055 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MUSIK REBANA DI RA NAHDLATUS SHIBYAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MUSIK REBANA DI RA NAHDLATUS SHIBYAN KABUPATEN JEPARA]
Preview
PDF (STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MUSIK REBANA DI RA NAHDLATUS SHIBYAN KABUPATEN JEPARA) - Published Version
Download (737kB) | Preview

Abstract

Raudatul Athfal (disingkat RA) merupakan jenjang pendidikan anak usia dini (yakni usia 6 tahun atau di bawahnya) dalam bentuk pedidikan formal yang berada dibawah naungan Departemen Agama yang berubah nama menjadi Kementrian Agama. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler di RA Nahdlatus Shibyan (RANS) yaitu pembelajaran musik rebana. Dalam permainan maupun latihan musik rebana tidak bisa dilakukakan secara sendiri, melainkan harus bersama orang lain. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, bagaimana strategi pembelajaran ekstrakurikuler musik rebana di RA Nahdlatus Shibyan Kabupaten Jepara. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti ingin mendeskripsikan strategi pembelajaran ekstrakurikuler musik rebana di RA Nahdlatus Shibyan Kabupaten Jepara. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui 3 teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, uji keabsahan data dilakukan dengan derajad kepercayaan dan triangulasi. Dalam pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler musik rebana, pelatih menggunakan strategi pembelajaran langsung dan strategi penerapan metode yaitu, metode ceramah dimana metode ini digunakan pelatih untuk menyampaikan materi pembelajaran, metode demonstrasi digunakan pelatih untuk mencontohkan kepada peserta didik memainkan alat musik rebana, dan metode drill dimana peserta didik mempraktikkan materi yang telah di contohkan oleh pelatih. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran ekstrakurikuler musik rebana di RA Nahdlatus Shibyan Kabupaten Jepara menggunakan strategi pembelajaran langsung, dimana pelatih dalam proses pembelajarannya menyampaiakan materi, menggunakan metode, serta evaluasi pembelajaran dilaksanakan secara langsung. Saran bagi pihak RA. Nahdlatus Shibyan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler musik rebana pada salah satu komponen pembelajaran yaitu materi pembelajaran yang diharapkan lebih fokus dalam teknik memainkan musik rebana dengan memperhatikan unsur-unsur dasar musik yaitu, (1) melodi, (2) irama, (3) tempo, (4) harmoni, sehingga peserta didik lebih memahami materi yang akan disampaikan oleh pelatih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Musik Rebana
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Mar 2020 13:50
Last Modified: 16 Mar 2020 13:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35261

Actions (login required)

View Item View Item