ANALISIS MUTU UPAYA KESEHATAN PERSEORANGAN PASCA PENILAIAN AKREDITASI DI PUSKESMAS WILAYAH KOTA SEMARANG TAHUN 2019
TUTUK WIJAYANTININGRUM, 0613517010 (2019) ANALISIS MUTU UPAYA KESEHATAN PERSEORANGAN PASCA PENILAIAN AKREDITASI DI PUSKESMAS WILAYAH KOTA SEMARANG TAHUN 2019. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Wijayantiningrum, Tutuk. 2019. “Analisis Mutu Upaya Kesehatan Perseorangan Pasca Penilaian Akreditasi di Puskesmas Wilayah Kota Semarang Tahun 2019”.Tesis. Program Studi Kesehatan Masyarakat. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. dr. Yuni Wijayanti, M. Kes, Pembimbing II Prof. Dr. Bambang Budi Raharjo, M. Si. Kata Kunci: Puskesmas, Mutu pelayanan, Akreditasi Akreditasi adalah awal meningkatkan kualitas pelayanan termasuk didalamnya peningkatan kualitas manajemen dan kepemimpinan, strategi perencanaan, kepuasan pengguna layanan, penguatan koordinasi antar pemangku kepentingan dan peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia. Sejumlah 37 puskesmas Kota Semarang telah terakreditasi dengan kelulusan; 1 Paripurna, 4 Utama, 23 Madya dan 9 Dasar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan manajemen mutu sebagai sistem kontrol mutu pelayanan di puskesmas wilayah Kota Semarang pasca penilaian akreditasi. Jenis penelitian kualitatif dengan desain deskriptif analitik. Teknik pengambilan data dengan wawancara mendalam, pengamatan, dan telusur dokumen. Populasinya adalah puskesmas yang lulus akreditasi paripurna dan utama, teknik sampling yang digunakan menggunakan random sampling. Analisis data yang digunakan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang dilakukan secara bersamaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa instrumen mutu internal pelayanan UKP di puskesmas pasca penilaian akreditasi tidak sepenuhnya dilaksanakan, perlu adanya penguatan komitmen, standarisasi sarana dan prasarana penunjang layanan klinis, analisis kecukupan SDM baik kuantitas maupun kualitas, peningkatan pengetahuan bagi karyawan mengenai sistem mutu pelayanan klinis baik melalui pelatihan maupun pendampingan secara berkala, peningkatan kapasitas SDM pendamping mengenai teknik pendampingan akreditasi, dukungan Dinas Kesehatan dan lintas sektoral, review dokumen dasar, restrukturisasi organisasi mutu dan puskesmas, monitoring dan evaluasi yang dilakukan secara maksimal dan terus menerus.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Health Center, Services Quality, Accreditatio |
Subjects: | O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Kesehatan Masyarakat, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 18:42 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 18:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35256 |
Actions (login required)
View Item |