KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL MULTILITERASI DENGAN MEDIA FILM BISU DAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERDASARKAN TIPE BELAJAR PESERTA DIDIK SMA


HERLINA AYUNINGSIH, 0202517001 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL MULTILITERASI DENGAN MEDIA FILM BISU DAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERDASARKAN TIPE BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_HERLINA_AYUNINGSIH.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (17MB) | Preview

Abstract

Ayuningsih, Herlina. 2020. “Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen Menggunakan Model Multiliterasi dengan Media Film Bisu dan Iklan Layanan Mayarakat berdasarkan Tipe Belajar Peserta Didik SMA”. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Ida Zulaeha, M. Hum., Pembimbing II: Dr. Wagiran, M. Hum. Kata Kunci: menulis cerpen, model multiliterasi, media film bisu, iklan layanan masyarakat, tipe belajar Salah satu hal yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu memilih model pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik masa kini. Penggunaan media pembelajaran yang tepat juga perlu dilakukan. Pemilihan model dan media harus memperhatikan tipe belajar peserta didik, agar kebutuhan peserta didik dapat terpenuhi. Penelitian ini bertujuan menganalisis (1) keefektifan pembelajaran menulis cerpen menggunakan model multiliterasi dengan media film bisu berdasarkan tipe belajar peserta didik SMA, (2) keefektifan pembelajaran menulis cerpen menggunakan model multiliterasi dengan media iklan layanan masyarakat berdasarkan tipe belajar peserta didik SMA, (3) perbedaan keefektifan pembelajaran menulis cerpen menggunakan model multiliterasi dengan media film bisu dan iklan layanan masyarakat berdasarkan tipe belajar peserta didik SMA, (4) keberterimaan pembelajaran menulis cerpen menggunakan model pembelajaran multiliterasi dengan media film bisu dan media iklan layanan masyarakat berdasarkan tipe peserta didik SMA bagi guru dan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini peserta didik kelas XI SMA. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes menulis cerpen, non tes yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisi menggunakan (Uji-T) dan Anova. Hasil penelitian menunjukkan (1) pembelajaran menulis cerpen menggunakan media film bisu berdasarkan tipe belajar auditori, visual dan kinestetik efektif signifikan yang dibuktikan dengan perbedaan nilai rerata tes awal (69,00) dan tes akhir (80,80), (2) pembelajaran menulis cerpen menggunakan media iklan layanan masyarakat berdasarkan tipe belajar auditori, visual dan kinestetik efektif signifikan yang dibuktikan dengan perbedaan nilai rerata tes awal (69,20) dan tes akhir (84,73), (3) Perbedaan keefektifan pembelajaran menulis cerpen menggunakan media film bisu dan iklan layanan masyarakat dilihat dari rerata hasil tes awal dan tes akhir pada kelompok media film bisu sebesar 11,8 dan kelompok media iklan layanan masyarakat sebesar 15,53. Penggunaan media iklan layanan masyarakat efektif signifikan daripada media film bisu pada pembelajaran menulis cerpen. (4) Pembelajaran menulis cerpen menggunakan model pembelajaran multiliterasi dengan media film bisu dan iklan layanan masyarakat berdasarkan tipe belajar mempunyai keberterimaan yang baik bagi guru dan peserta didik yang dibuktikan dengan penilaian proses dan hasil menulis cerpen yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: menulis cerpen, model multiliterasi, media film bisu, iklan layanan masyarakat, tipe belajar
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 13 Mar 2020 15:15
Last Modified: 13 Mar 2020 15:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35252

Actions (login required)

View Item View Item