PENGEMBANGAN ELECTRONIC TASK BASED LEARNING (e-TBL) UNTUK MENGANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN ZAT DAN KARAKTERISTIKNYA


HESTI PRASASTI, 0404517021 (2020) PENGEMBANGAN ELECTRONIC TASK BASED LEARNING (e-TBL) UNTUK MENGANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN ZAT DAN KARAKTERISTIKNYA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_HESTI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Prasasti, Hesti. 2020. Pengembangan Electronic Task Based Learning (e-TBL) untuk Menganalisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Zat dan Karakteristiknya. Tesis, Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Endang Susilaningsih, M.S. Pembimbing II Dr. Triastuti Sulistyaningsih, S.Si, M.Si. Kata Kunci: e-TBL, berpikir kritis, pemecahan masalah, zat dan karakteristiknya Electronic Task Based Learning (e-TBL) adalah pembelajaran dengan pemberian tugas kepada siswa berbantuan media elektronik agar siswa lebih aktif. Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Izzatul Islam (SMPIT Izzatul Islam) Getasan belum tersedia e-TBL untuk menganalisis kemampuan siswa berpikir kritis dan pemecahan masalah pada pembelajaran zat dan karakteristiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-TBL zat dan karakteristiknya yang layak dan efektif untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada pembelajaran zat dan karakteristiknya yang teruji kelayakan dan keefektifannya serta mengetahui respon tanggapan pengguna setelah menggunakan e-TBL. Fokus penelitian ini ialah menghasilkan e-TBL yang mampu digunakan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada pembelajaran zat dan karakteristiknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan model 4D. Penelitian dan pengembangan e-TBL ini dilaksanakan di SMPIT Izzatul Islam Getasan, kabupaten Semarang. Kelayakan instrumen ditentukan berdasarkan hasil uji validitas dan hasil perhitungan reliabilitas. Validitas e-TBL dilakukan oleh pakar kelayakan penyajian, materi, dan media dengan indikator keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Kelayakan e-TBL meliputi kelayakan penyajian, isi, kebahasaan, kegrafisan, kebermanfaatan. Reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach dan Inter Raters Reliability. Keefektifan e-TBL dihitung berdasarkan proporisi ketuntasan klasikal siswa. Respon tanggapan pengguna dilakukan dengan menganalisis pernyatan pada angket tanggapan pengguna yang sudah dinyatakan valid. Hasil validasi instrumen e-TBL dinyataka layak karena valid dan reliabel. e-TBL efektif digunakan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada pembelajaran zat dan karakteristiknya dengan hasil sebesar 88 dan 87,5. Ketuntasan klasikal siswa 83,26%. Respon tanggapan pengguna menunjukkan hasil yang baik dan sangat baik sebesar 91%. Uji yang telah dilakukan tersebut dapat digunakan untuk mengambil simpulan bahwa e-TBL zat dan karakteristiknya layak dan efektif untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada pembelajaran zat dan karakteristiknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-TBL, berpikir kritis, pemecahan masalah, zat dan karakteristiknya
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Mar 2020 15:05
Last Modified: 13 Mar 2020 15:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35250

Actions (login required)

View Item View Item