EKSISTENSI KESENIAN EBEG GATRA KIRANA DI DESA KALICUPAK KIDUL KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS


Puspita Wulan Sari , 2501414105 (2019) EKSISTENSI KESENIAN EBEG GATRA KIRANA DI DESA KALICUPAK KIDUL KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EKSISTENSI KESENIAN EBEG GATRA KIRANA DI DESA KALICUPAK KIDUL KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS]
Preview
PDF (EKSISTENSI KESENIAN EBEG GATRA KIRANA DI DESA KALICUPAK KIDUL KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kesenian Ebeg merupakan kesenian kerakyatan khas Kabupaten Banyumas yang menggunakan properti kuda yang terbuat dari anyaman bambu yang menggambarkan kegagahan prajurit berkuda dengan segala atraksi magisnya karena pemain ebeg akan mendem. Pertunjukan kesenian Ebeg Gatra Kirana diiringi oleh alat musik gamelan, terdiri dari empat babak atau 4 adegan, diantaranya babak Jogedan, babak Muron, babak Hiburan, babak Masal yang didalamnya terdapat beberapa sajian tari Ebeg, Lengger, Pembarong, Laisan, Penthul dan cepet. Keberadaan kesenian Ebeg Gatra Kirana sudah diakui masyarakat Banyumas dapat dibuktikan adanya antusia masyarakat yang menonton pertunjukan dan memberikan kesempatan kepada peguyuban untuk tampil pada acara hajatan pernikahan, sunatan dan syukuran. Berdasarkan uraian diatas, masalah yang dikaji adalah Bagaimana bentuk pertunjukan Kesenian Ebeg Gatra Kirana. Bagaimana eksistensi Kesenian Ebeg Gatra Kirani di Desa Kalicupak Kidul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk pertunjukan dan mendeskripsikan eksistensi kesenian Ebeg Gatra Kirana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan pendekatan emik dan etik.Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data pada penelitian eksistensi kesenian Ebeg Gatra Kirana dengan mereduksi data yaitu memilih data-data yang penting yang kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian menujukan bahwa bentuk pertunjukan kesenian Ebeg Gatra Kirana yang terdiri dari tempat pementasan, tata suara, tema, pelaku, tata rias (kepala,wajah dan busana) properti, iringan dan penonton. Eksistensi atau keberadaan kesenian Ebeg Gatra Kirana meliputi pementesan dan upaya mempertahankan kesenian Ebeg Gatra Kirana. Pementasan terdiri dari acara ulang tahun paguyuban Gatra Kirana, hajan penikahan, hajatan sunatan, syukuran dan festival. Upaya mempertahankan terdiri dari internal dan eksternal. Saran dari peneliti untuk 1) Pemimpin paguyuban Gatra Kirana sebaiknya melaksanakan evaluasi setelah melakukan pertunjukan dengan tujuan untuk memperbaiki kekurangan sehingga kedepanya pertunjukan lebih baik. 2) Bagi paguyuban kesenian Ebeg Gatra Kirana di Desa Kalicupak Kidul Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas, lebih memperhatikan dokumentasi paguyuban baik dokumentasi gambar maupun dokumentasi tertulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesenian Ebeg Gatra Kirana, Bentuk Pertunjukan, Eksistensi
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Mar 2020 12:31
Last Modified: 13 Mar 2020 12:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35236

Actions (login required)

View Item View Item