PEMBELAJARAN LAGU JANGKRIK GENGGONG ARANSEMEN PAUL WIDYAWAN PADA GRUP PADUAN SUARA SMA NEGERI 1 PEMALANG


Alief Mahardika Nugraha , 2501414081 (2019) PEMBELAJARAN LAGU JANGKRIK GENGGONG ARANSEMEN PAUL WIDYAWAN PADA GRUP PADUAN SUARA SMA NEGERI 1 PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMBELAJARAN LAGU JANGKRIK GENGGONG ARANSEMEN PAUL WIDYAWAN PADA GRUP PADUAN SUARA SMA NEGERI 1 PEMALANG]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN LAGU JANGKRIK GENGGONG ARANSEMEN PAUL WIDYAWAN PADA GRUP PADUAN SUARA SMA NEGERI 1 PEMALANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kajian tentang pembelajaran lagu telah banyak dilakukan, akan tetapi kajian tentang pembelajaran lagu khususnya pembelajaran lagu Jangkrik Genggong aransemen Paul Widyawan belum pernah dilakukan. Tentu ada kiat-kiat khusus untuk mempelajari lagu tersebut mengingat lagu tersebut memiliki karakteristik yang berbeda baik ditinjau dari sisi aransemen, penyajian, maupun dinamika. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran lagu Jangkrik Genggong aransemen Paul Widyawan dilakukan agar dapat dilaksanakan dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran lagu Jangkrik Genggong aransemen Paul Widyawan pada grup paduan suara SMA N1 Pemalang Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif di SMA N 1 Pemalang Kabupaten Pemalang dengan sasaran pembelajaran lagu Jangkrik Genggong aransemen Paul Widyawan pada paduan suara SMA N 1 Pemalang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi terus terang tersamar, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran lagu jangkrik genggong pada grup paduan suara SMA N 1 Pemalang meliputi tahap-tahap sebagaimana kegiatan pembelajaran pada umumnya yaitu tahap pendahuluan, tahap inti, dan tahap penutup. Tahap pendahuluan meliputi persiapan, penyampaian target dan motivasi, serta pemanasan. Tahap inti meliputi pengenalan materi lagu, demonstrasi materi lagu dan presentasi. Tahap penutup meliputi evaluasi dan doa. Pada tahap inti, demonstrasi materi dilakukan dengan meliputi demonstrasi melodi lagu Jangkrik Genggong, demonstrasi frasering dalam lagu Jangkrik Genggong, dan demonstrasi tanda-tanda dinamika yang ada. Dalam tahap inti, selain dilakukan demonstrasi juga dilakukan presentasi. Pada kegiatan presentasi ini, berwujud presentasi materi yang dilakukan oleh kelompok siswa. Dalam tahap penutup, kegiatan yang dilakukan yaitu evaluasi. Evaluasi dilakukan pelatih dengan menilai tingkat kemampuan dan pemahaman peserta paduan suara terhadap materi yang disampaikan. Saran untuk paduan suara SMA N 1 Pemalang yaitu ditujukan kepada pelatih untuk menambah intensitas pembelajaran mandiri dengan metode kelompok tutorial untuk meningkatkan kemampuan sight reading dalam pembelajaran lagu pada paduan suara SMA Negeri 1 Pemalang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Paduan Suara, Pembelajaran Lagu
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Mar 2020 14:42
Last Modified: 12 Mar 2020 14:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35226

Actions (login required)

View Item View Item