PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MKU BAHASA INDONESIA MATERI KARYA ILMIAH BERBASIS LAMAN RUMAHBAHASA.ID BAGI PENINGKATAN LITERASI KONSERVASI DIGITAL PADA MAHASISWA


FITRIYANINGSIH, 0202516030 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MKU BAHASA INDONESIA MATERI KARYA ILMIAH BERBASIS LAMAN RUMAHBAHASA.ID BAGI PENINGKATAN LITERASI KONSERVASI DIGITAL PADA MAHASISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_FITRIYANINGSIH.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Fitriyaningsih. 2019. ”Pengembangan Bahan ajar MKU Bahasa Indonesia Materi Karya Ilmiah Berbasis Laman Rumahbahasa.id bagi Peningkatan Literasi Konservasi Digital pada Mahasiswa”. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., Prof. Dr. Ida Zulaeha, M.Hum. Kata kunci: bahan ajar berbasis laman, karya ilmiah, kurikulum KKNI dan konservasi, literasi digital. Bahan ajar merupakan unsur penting yang harus disiapkan agar tercapainya tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan awal terhadap buku ajar MKU Bahasa Indonesia yang digunakan di Universitas Negeri Semarang pada edisi revisi 2012, edisi 2016, dan edisi 2018 dengan judul buku “Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya ilmiah, dapat diidentifikasikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, bahan ajar MKU Bahasa Indonesia yang sudah ada belum mampu mengarahkan mahasiswa untuk memahami materi dalam konteks kompetensi perkuliahan, kedua, kandungan materi yang termuat dalam buku Bahasa Indonesia yang disajikan pada mahasiswa masih padat akan teori, ketiga latihan-latihan soal yang ada hanya berbentuk uraian, belum ada variasi jenis latihan soal lainnya, keempat bahan ajar yang telah ada belum mengarahkan mahasiswa pada semua aspek pembelajaran yaitu sikap dan keterampilan, lebih dominan pada aspek pengetahuan, kelima, keterampilan berbahasa belum merata, lebih fokus pada keterampilan membaca dan menulis, keenam, belum mengoptimalkan kemampuan literasi pada mahasiswa, dan ketujuh, belum ada pembaharuan dalam bahan ajar yang berbasis digital. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis kebutuhan pengembangan bahan ajar MKU Bahasa Indonesia materi karya ilmiah berbasis laman rumahbahasa.id bagi peningkatan literasi konservasi digital pada mahasiswa; (2) mendeskripsikan karakteristik bahan ajar MKU Bahasa Indonesia materi karya ilmiah berbasis laman rumahbahasa.id bagi peningkatan literasi konservasi digital pada mahasiswa; (3) menguji validitas bahan ajar MKU Bahasa Indonesia materi karya ilmiah berbasis laman rumahbahasa.id bagi peningkatan literasi konservasi digital pada mahasiswa; (4) menganalisis keterbacaan dan keterterimaan bahan ajar MKU Bahasa Indonesia materi karya ilmiah berbasis laman rumahbahasa.id bagi peningkatan literasi konservasi digital pada mahasiswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Pengembangan (Research and Development). Tahapan dalam penelitian ini mengacu pada pendapat Borg dan Gall (1983) dalam Sukmadinata (2013) yang meliputi, mengidentifikasi potensi dan melakukan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk awal, revisi produk awal. Sumber data dalam penelitian ini yaitu, mahasiswa UNNES yang sedang atau pernah mengikuti

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar berbasis laman, karya ilmiah, kurikulum KKNI dan konservasi, literasi digital.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 12 Mar 2020 14:33
Last Modified: 12 Mar 2020 14:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35225

Actions (login required)

View Item View Item