PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN TEMBANG DOLANAN
Rizki Candra Hardiyan , 2501414077 (2019) PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN TEMBANG DOLANAN. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN TEMBANG DOLANAN)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tembang dolanan anak merupakan salah satu sarana komunikasi dan sosialisasi anak dengan lingkungannya. Melalui tembang dolanan, anak dapat bermain sekaligus belajar bernyanyi, melakukan gerakan secara fisik, bersenang-senang dan bergembira serta bersosialisasi dengan teman-teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis dan mendeskripsikan tentang pendidikan karakter siswa sekolah dasar melalui pembelajaran tembang dolanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, karena prosedur yang digunakan dengan cara menggambarkan, dan menganalisis data yang ada di lapangan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pedagogik, Psikologi, etnomusikologi. Teknik mengambil data dengan cara observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Dalam kegiatan pembelajaran tembang dolanan guru mengajarkan tiga lagu yaitu: (1) Lir Ilir, (2) Gundul Gundul Pacul, (3) Cublak – Cublak Suweng, dari hasil penelitian guru selalu menekankan aspek karakter dengan menyisipkan nilai-nilai karakter ke dalam materi pembelajaran ataupun lewat pengembangan materi pembelajaran. Dalam pembelajaran proses pembelajaran guru menggunakan pendekatan penanaman nilai, pendekatan perkembangan moral kognitif, pendekatan analisis nilai, pendekatan klarifikasi nilai, dan yang terakhir pendekatan pembelajaran berbuat, melalui pendekatan tersebut bisa menumbuhkan kesadaran dan mengembangkan kemampuan siswa untuk mengidentifikasi nilai-nilai mereka sendiri dan nilai-nilai orang lain. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu Guru lebih sering mengenalkan lagu-lagu daerah yang sebenarnya mengandung makna kehidupan yang baik. Sarana dan prasarana pembelajaran musik selalu ditunjang dengan baik terutama dalam menjelaskan teori-teori dengan menggunakan LCD minimal. Terus meningkatkan mutu dan materi pembelajaran terutama yang berkaitan dengan nilai karakter.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Tembang dolanan, Nilai Karakter |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 13:51 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 13:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35223 |
Actions (login required)
View Item |