MODEL MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM MANBAUL HIKMAH BREBES


AMRUN FAID, 0102516001 (2019) MODEL MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM MANBAUL HIKMAH BREBES. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_AMRUN_FAID1.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Faid, Amrun. 2018. “Model Manajemen Full Day School di SMP Islam Manbaul Hikmah Brebes” Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. H. Achmad Slamet, M.Si., Pembimbing II Dr. Titi Prihatin, M.Pd. Kata kunci : model, manajemen, fullday school Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah Kurang baiknya lingkungan masyarakat yang menuntut orang tua harus selalu megawasi anak-anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan program fullday school di SMP Islam Manbaul Hikmah Brebes. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) perencanaan fullday school dimulai dengan penyusunan kalender akademik agar waktu pembelajaran yang diterima oleh siswa dapat diterima secara penuh; pengondisian lingkungan dan fasilitas sekolah menjadi media dalam rangka membentuk karakter siswa; mengembangkan silabus dan RPP dengan memuat nilai-nilai karakter; serta pengintegrasian pengembangan karakter dalam kurikulum pada setiap mata pelajaran mengacu pada kurikulum nasional yang diperkaya dengan kurikulum Depag dan kurikulum mandiri yang memuat nilai-nilai keislaman, program pengembangan diri, dan budaya sekolah, dan (2) pelaksanaan fullday school terdiri atas kerjasama seluruh guru dan tenaga kependidikan bertanggung jawab dalam membentuk karakter siswa; membangun komunikasi dan kerjasama dengan orang tua siswa melalui buku penghubung dan pertemuan rutin; menjalin hubungan harmonis antara guru siswa dengan meniadakan ruang guru agar guru dapat mengawasi dan mengontrol aktivitas siswa; mengintegrasikan nilai karakter ke dalam mata pelajaran sesuai dengan standar proses dan penilaian yang ada di sekolah; pelaksanaan pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler; dan pelaksanaan program budaya sekolah melalui kegiatan rutin sekolah dan keteladanan guru. Saran yang direkomendasikan untuk SMP Islam Manbaul Hikmah Brebes dalam perencanaan dan pelaksanaan program fullday school adalah kebutuhan kerjasama yang professional dan serasi oleh seluruh warga sekolah. Penyusunan kalender akademik, pengondisian lingkungan dan fasilitas sekolah menjadi faktor penting dalam program fullday school.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model, manajemen, fullday school
Subjects: L Education > L Education (General) > Education Management
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 12 Mar 2020 13:35
Last Modified: 12 Mar 2020 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35222

Actions (login required)

View Item View Item