PENGEMBANGAN KATALOG TUMBUHAN BERBUNGA (ANGIOSPERMAE) SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR BIOLOGI PADA MATERI PLANTAE


ANITA SULISTYAWATI, 0402516011 (2019) PENGEMBANGAN KATALOG TUMBUHAN BERBUNGA (ANGIOSPERMAE) SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR BIOLOGI PADA MATERI PLANTAE. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_ANITA_SULISTYAWATI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (13MB) | Preview

Abstract

Sulistyawati, Anita. (2019). Pengembangan Katalog Tumbuhan Berbunga (Angiospermae) sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi pada Materi Plantae. Tesis, Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam Konsentrasi Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Ir. Dyah Rini Indriyanti, M.P., Pembimbing II Dr. Ari Yuniastuti, SPt, M.Kes. Kata kunci: Katalog Tumbuhan Berbunga, suplemen bahan ajar, potensi lingkungan. Kekayaan jenis tumbuhan berbunga di Kawasan Bandungan Kabupaten Semarang merupakan salah satu potensi yang dapat diajadikan sebagai sumber belajar biologi. Potensi tersebut dapat dikembangkan sebagai bahan ajar. Kurangnya ketersediaan tumbuhan berbunga di lingkungan sekolah, sulitnya menghadirkan tumbuhan yang beragam ke dalam kelas setiap waktu, serta buku teks yang memiliki sedikit contoh gambar, membuat siswa kesulitan memahami materi yang diajarkan. Pengembangan suplemen bahan ajar yang memuat contoh tumbuhan dari lingkungan dapat dijadikan solusi alternatif bagi masalah tersebut. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan. Tujuan tersebut diantaranya, mengidentifikasi tumbuhan berbunga di Kawasan Bandungan yang digunakan sebagai bahan pengembangan katalog pembelajaran, menguji validitas katalog, menguji keefektifan katalog berdasarkan hasil belajar kognitif siswa, serta mengetahui respon pengguna (siswa dan guru) terhadap katalog yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Data berupa kekayaan jenis tumbuhan berbunga dikumpulkan melalui metode jelajah eksploratif. Data tersebut kemudian diidentifikasi dan disusun menjadi sebuah bahan ajar berupa katalog yang kemudian divalidasi oleh ahli (materi dan media) sebelum digunakan. Uji coba katalog dilakukan terhadap 40 siswa kelas X IPA dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan rumus N-gain untuk mengetahui peningkatan pemahaman kognitif. Data berupa respon pengguna (siswa dan guru) serta validasi ahli dikumpulkan melalui angket. Hasil menunjukkan bahwa katalog dinyatakan „sangat valid‟ oleh ahli (materi dan media) dengan persentase rata-rata 88,72%, dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar dengan rata-rata N-gain sebesar 0,55 (kriteria „sedang‟), serta mendapatkan respon positif dari guru dan siswa pada kategori „sangat layak‟ dengan persentase rata-rata 88,11%. Penelitian ini menghasilkan suplemen bahan ajar yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran biologi pada materi plantae. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar pengembangan bahan ajar selanjutnya dapat mencakup semua capaian KD, sehingga tidak terbatas pada materi tumbuhan berbunga (Angiospermae). Bagi guru, disarankan untuk menggunakan katalog yang dikembangkan setelah siswa diberi materi konsep terlebih dahulu agar dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Katalog Tumbuhan Berbunga, suplemen bahan ajar, potensi lingkungan.
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 12 Mar 2020 13:15
Last Modified: 12 Mar 2020 13:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35221

Actions (login required)

View Item View Item