PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEM UNTUK MENGOPTIMALISASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF


KARNURIMAN, 0104517024 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEM UNTUK MENGOPTIMALISASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_KARNURIMAN.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (947kB) | Preview

Abstract

Karnuriman, 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEM untuk Mengoptimalisasi Implementasi Kurikulum 2013 di Teknik Kendaraan Ringan otomotif. Tesis. Program Studi Pengembangan Kurikulum, Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing 1. Prof. Dr. Haryono, M.Psi, 2. Dr. Sri Wardani, M.Si Kata Kunci : Lembar kerja peserta didik, STEM, Kurikulum 2013 Keberhasilan yang dicapai dalam proses belajar sangat ditentukan oleh kemampuan pendidik dalam mengembangkan bahan ajar untuk mata pelajaran teknologi dasar otomotif dengan kompetensi dasar mengevaluasi kerja baterai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis Science Technology Enginnering Mathematic (STEM), menguji kelayakan, kevalidan, dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dan dilaksanakan di kelas x teknik kendaraan ringan otomotif SMK Harapan Mulya Kendal. Hasil penelitian diperoleh ; a) Lembar kerja peserta didik berbasis STEM layak digunakan sehingga memberikan umpan balik ke siswa dapat mengetahui tingkat keberhasilan belajarnya dan Tuntas dalam hasil belajar, b) kevalidan lembar kerja peserta didik berbasis STEM Memunculkan motivasi dan kreatifitas yang kuat untuk belajar maksimal karena pembelajaran terbimbing, Pembelajaran bersifat prosedural yaitu pembelajaran yang diarahkan dalam pembentukan karakter dan ketrampilan kerja peserta, c) keefektifannya menumbuhkan kerjasama antar siswa maupun antara siswa dengan guru dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pengembangan menunjukkan bahwa lembar kerja tersebut memenuhin kriteria valid dan efektif. Disarankan dapat dijadikan alternative bahan ajar materi mengevaluasi kerja baterai. Hasil penelitian mempunyai unsur baru yaitu Peserta didik mengetahui keterkaitan konsep, praktik dan materi yang mengarahkan berpikir secara ilmiah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja peserta didik, STEM, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 12 Mar 2020 12:49
Last Modified: 12 Mar 2020 12:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35219

Actions (login required)

View Item View Item