PERSEPSI PESERTA DIDIK, GURU DAN PERAN ORANG TUA DALAM PENYELENGGARAAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI SMA KABUPATEN KUTAI TIMUR


TRI AGUSTIN WULANDARI RIZKI SP, 0602517086 (2019) PERSEPSI PESERTA DIDIK, GURU DAN PERAN ORANG TUA DALAM PENYELENGGARAAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI SMA KABUPATEN KUTAI TIMUR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_TRI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tri Agustin, W, R, S. 2019. “Persepsi Peserta Didik, Guru dan Peran Orang Tua dalam Penyelenggaraan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SMA di Kabupaten Kutai Timur”. Program Studi Pendidikan Olahraga. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Heny Setyawati, M.Si., Pembimbing II Dr. Rumini, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : persepsi, peserta didik, guru, peran orang tua, PJOK Peserta didik masih belum diberikan kesempatan oleh gurunya untuk menyampaikan keinginan yang diharapkan dalam proses pembelajaran mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis persepsi peserta didik dalam penyelenggaraan mata pelajaran PJOK, 2) Menganalisis persepsi guru dalam penyelenggaraan mata pembelajaran PJOK, 3) Menganalisis peran orang tua dalam penyelenggaraan mata pembelajaran PJOK. Metede penelitian yang digunakan analisis kuantitatif, pengumpulan data dengan menggunakan instrumen kuesioner. Populasi penelitian ini adalah 8 SMA Negeri di Kabupaten Kutai Timur yang berada pada peringkat terendah berdasarkan hasil UN tahun 2017-2018. Sampel yang digunakan dalam penelitian 754 responden. Teknik sampling yang digunkan dalam penelitian ini adalah stratified proporsional random sampling. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriftif persentase yang dilanjutkan dengan analisisi IQV. Hasil dari penelitian ini adalah 1) tanggapan atau pandangan peserta didik terhadap PJOK katagori sangat baik 5,3% , kata gori baik 32,8%, katagori cukup 55,8% dan katagori kurang 6,1%. 2) sikap peserta didik terhadap PJOK katagori sangat baik 15,4%, kata gori baik 56,2%, katagori cukup 26,1%, dan katagori kurang1,3%. 3) harapan peserta didik terhadap PJOK katagori sangat baik 14,9%, katagori baik 54,3%, katagori cukup 28,7%, dan katagori kurang 1,7%. Simpulan hasil penelitian yaitu 1) Persepsi peserta didik terhadap mata pelajaran PJOK pada katagori baik yang ditinjau dari tiga indikator yaitu tanggapan peserta didik, sikap peserta didik, dan harapan peserta didik. 2) Persepsi guru terhadap mata pelajaran PJOK baik hal ini didukung dengan pemberin kesempatan terhadap peserta didik dalam menyampaikan keinginan dan harapan dalam pembeljaran PJOK. 3) Peran orang tua tentu akan mendukung prestasi yang akan diperoleh dari peserta didik, orang tua yang akan memberi motivasi dan fasilitas belajar agar dapat menunjuang hasil belajar anak. Saran penelitian ini adalah sekolah dan guru PJOK harus memperhatikan peserta didik sebagai subjek dalam pendidikan dimana peserta didik mempunyai peran dan kedudukan yang harus diperhatikan dalam pembelajara

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: persepsi, peserta didik, guru, peran orang tua, PJOK
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Mar 2020 19:55
Last Modified: 11 Mar 2020 19:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35215

Actions (login required)

View Item View Item